Jadwal PON 2021 Live Hari Ini

Jadwal Bola PON Hari Ini: Semifinal Papua vs Kaltim & Jatim vs Aceh

Oleh: Rofi Ali Majid - 12 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal sepak bola PON 2021 hari ini Selasa 12 Oktober babak semifinal Papua vs Kalimantan Timur & Jawa Timur vs Aceh (pukul 13.00 WIB) tayang live Vision+.
tirto.id - Jadwal semifinal sepak bola putra PON XX Papua hari ini Selasa (12/10/2021) akan diisi oleh laga Papua vs Kalimantan Timur (pukul 13.00 WIB) dan Jawa Timur vs Aceh (pukul 13.00 WIB). Laga penentuan siapa yang lolos ke final PON 2021 dapat ditonton live melalui siaran langsung Vision+.

Di antara 4 tim yang bersaing di semifinal PON 2021, hanya Papua yang merupakan eks semifinalis PON XIX 2016. Dalam gelaran 5 tahun lalu, Papua hanya mampu mendapatkan medali perunggu setelah mengalahkan Sumatera Selatan 1-0. Kala itu, di semifinal, Papua tumbang oleh tuan rumah, Jawa Barat dengan skor 3-1.


Jadwal Semifinal Bola PON Hari Ini Papua vs Kaltim


Kali ini, Papua akan meladeni Kalimantan Timur. Bagi tuan rumah, rekor mereka sepanjang turnamen cukup impresif. Papua menjadi juara babak penyisihan dengan nilai sempurna 9.

Setelah membungkam Jawa Barat 5-1 di laga perdana, mereka melanjutkan pesta dengan menyikat Maluku Utara 3-1 dan Nusa Tenggara Timur 4-0.

Saat lolos ke fase 6 besar, Papua juga masih tetap istimewa. Mereka menundukkan Aceh 1-0, lantas menyudahi perlawanan Sumatera Utara 2-0. Tidak hanya tajam di lini depan dengan mencetak total 15 gol, lini belakang Papua yang clean sheet 3 kali juga istimewa.

Berbeda dengan Papua, jalan Kalimantan Timur untuk lolos ke semifinal lebih berat. Mereka memulai turnamen dengan menang 1-0 dari Sumatera Utara, tetapi kemudian tumbang dari Aceh 3-2.

Di babak 6 besar, Kaltim meraih kemenangan penting 1-0 dari Jawa Barat. Meskipun lantas disikat Jawa Timur 5-1, Kaltim berhak lolos ke semifinal karena mengantongi 1 kemenangan.

Osvaldo Haay, penyerang Persija, menyebut komposisi tim Papua di PON XX cenderung lebih baik daripada tim lain. Namun, ia juga menekankan, tuan rumah perlu mengontrol emosi. Keunggulan teknik dan komposisi akan tidak berfaedah jika manajemen mental tidak apik.

"Saat PON 2016 komposisi pemain dari tiap provinsi lebih merata, banyak yang diisi pemain Liga 1, kalau sekarang Papua menonjol, punya kebersamaaan dan fighting spirit yang besar," kata Osvaldo Haay dikutip laman resmi PON XX.

"Kuncinya mereka tahu sendiri, kultur sepakbola Papua itu keras karena punya daya juang yang tinggi, jadi intinya jaga emosi dan fighting spirit saja," tambahnya.

Jadwal Semifinal PON Jawa Timur vs Aceh Tayang 13.00 WIB


Sementara itu, semifinal cabor sepak bola putra lainnya antara Jawa Timur vs Aceh juga dihelat pada waktu bersamaan siang nanti. Sebelum lolos ke fase gugur, Jawa Timur telah menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, melesakkan 15 gol dan hanya kebobolan 1 gol dalam 5 laga.

Sebaliknya, Aceh melalui 4 laga sebelumnya dengan 2 kemenangan dan 2 kekalahan. Kekalahan pertama didapatkan saat penyisihan grup, manakala Aceh tumbang 1-2 dari Sulawesi Utara.

Kekalahan kedua terjadi dalam babak 6 besar di Grup D, saat Aceh takluk 1-0 dari Papua. Dua kemenangan milik Aceh didapat saat melawan Kaltim (2-0) dan Sumatera Utara (2-1).

Dengan menilik riwayat perjalanan masing-masing tim, final ideal tampaknya akan mempertemukan Papua vs Jatim.


Live Streaming Semifinal PON Papua Hari Ini


Live streaming semifinal sepak bola PON 2021 dapat disaksikan melalui siaran langsung maupun live streaming Vision+ pada hari ini, Selasa, 12 Oktober 2021.

Link Streaming Semifinal Sepakbola PON XX Papua

Live Streaming Semifinal 1 PON 2021

Live Streaming Semifinal 2 PON 2021

Jadwal Semifinal Sepak Bola Putra PON 2021 Hari Ini


Berikut jadwal pertandingan semifinal sepak bola putra PON 2021 hari ini Selasa (12/10/2021).

13.00 WIB: Papua vs Kalimantan Timur
13.00 WIB: Jawa Timur vs Aceh

Baca juga artikel terkait PON 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight