Jadwal Bayern Munchen vs Chelsea: Sejarah Final Liga Champions 2012

Oleh: Iswara N Raditya - 17 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejarah final Liga Champions 2012 antara Bayern Munchen vs Chelsea berakhir menyakitkan bagi Thomas Muller dan kawan-kawan.
tirto.id - Hasil undian drawing babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 memunculkan salah satu laga besar yakni Bayern Munchen vs Chelsea. Pertemuan dua tim ini mengingatkan akan sejarah pertandingan final Liga Champions tahun 2012 silam.

Dalam laga yang digelar pada 19 Mei 2012 di Allianz Arena itu, Bayern Munchen mendominasi jalannya pertandingan dan unggul terlebih dulu lewat gol Thomas Müller pada menit 83. Namun, lima menit berselang, Didier Drogba menyamakan kedudukan 1-1 untuk The Blues.

Die Roten akhirnya kalah menyakitkan lewat adu penalti di depan publiknya sendiri dengan skor akhir 3-4. Chelsea yang di atas kertas tidak diunggulkan dan memang selalu tertekan sepanjang laga justru berpesta, membawa pulang trofi Liga Champions ke Britania Raya.

Kenangan pahit itu tentu tergiang dalam ingatan pemain yang hingga kini masih di Bayern Munchen, seperti Thomas Muller, Manuel Neuer, atau Jerome Boateng. Kini, terbuka kesempatan membalas kekalahan saat Die Roten kembali bersua Chelsea setelah sekian tahun lamanya.

“Jelas bahwa Anda tidak akan melawan tim kecil di 16 besar Liga Champions. Kami cukup percaya diri,” ujar Muller dikutip dari situs resmi klub.

“Chelsea punya pemain yang bisa melukai kami. Mereka memiliki talenta-talenta bagus di lini serang. Namun, ini tentang kinerja tim, bukan individu. Kepercayaan diri kami berdasarkan kondisi tim saat ini yang merasa sangat senang,” imbuhnya.


Sang kiper, Neuer, menimpali. “Mereka tim yang berbahaya, yang harus kami tangani dengan sangat serius dan konsentrasi tinggi. Jelas, kami ingin lolos ke babak berikutnya.”

“Saya rasa kami bisa bermain dengan tingkat kepercayaan tinggi. Kami senang dengan hasil undian (Liga Champions): melawan tim yang menarik dan bagus,” lanjut penjaga gawang tim nasional Jerman ini.

Kebetulan, Chelsea saat ini dibesut oleh Frank Lampard yang juga terlibat dalam final Liga Champions 2012 silam. Kala itu, Lampard menjadi jenderal lapangan tengah The Blues dan turut mencetak gol di babak tos-tosan yang menghempaskan Bayern Munchen.

Duel Bayern Munchen kontra Chelsea di fase 16 besar Liga Champions 2019/2020 akan digelar dalam dua leg. Stamford Bridge akan menggelar leg pertama pada 26 Februari 2020, sedangkan leg kedua bakal dihelat di Allianz Arena tanggal 19 Maret 2020.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight