Jadwal Badminton Thomas-Uber Cup 2020 & Daftar Negara Peserta

Oleh: Oryza Aditama - 9 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal badminton Thomas & Uber Cup 2020 tetap digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.
tirto.id - Jadwal badminton Thomas & Uber Cup 2020 tetap digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark. Meski sejumlah peserta memutuskan mundur akibat pandemi COVID-19, Federasi Badminton Dunia (BWF) menegaskan bahwa kompetisi tetap berlanjut seperti jadwal semula.

“Federasi Badminton Dunia (BWF) dapat mengonfirmasi bahwa TOTAL BWF Thomas & Uber Cup Finals 2020 di Aarhus, Denmark, tetap berjalan sesuai rencana, meski Tim Putra dan Putri Thailand hari ini mundur,” tulis keterangan resmi BWF, Senin (7/9/2020).

BWF juga turut mengonfirmasi kabar beberapa pekan sebelumnya yang menyebutkan jika Tim Taiwan dan Australia juga menarik diri dari kejuaraan dunia beregu putra dan putri tersebut.

Namun badan tertinggi bulu tangkis dunia itu sampai saat ini belum dapat mengumumkan kontingen pengganti untuk sejumlah tim yang mengundurkan diri.

“Thailand bergabung bersama Taiwan dan Australia yang mana anggota asosiasi tersebut tak dapat mengambil tempat. Tim pengganti belum bisa diumumkan,” imbuh BWF.

Presiden Asosiasi Badminton Thailand, Khunying Pattama Leesawattrakul, menyebutkan bahwa ancaman COVID-19 telah memaksa sejumlah besar pebulutangkis Thailand mundur dari Tim Thomas & Uber Cup.

“Meski prosedur dan tindakan ketat dan aman bagi atlet di Denmark, mereka tetap merasa waspada dengan situasi COVID-19,” jelas Leesawattrakul, dikutip dari Antara.

“Pemain timnas bulu tangkis senior Thailand, beberapa dari mereka telah mengundurkan diri dan tidak akan berangkat ke Piala Thomas dan Uber. Itu bisa dimengerti. Kondisi tersebut menyebabkan tim kekurangan pemain untuk bersaing dalam turnamen beregu,” imbuhnya.


15 Negara Ikut Serta

Federasi Badminton Denmark selaku tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2020 telah merilis daftar 15 negara yang dikonfirmasi bakal tetap mengikuti kejuaraan.

“Cina, Indonesia, Jepang, India, Malaysia, Perancis, Belanda, Jerman, Inggris, Aljazair, Kanada, Skotlandia, Mesir, Spanyol, dan Korea Selatan, menyatakan kedatangannya untuk TOTAL BWF Thomas & Uber Cup 2020. Kami tak sabar menyambut Anda #TUC2020,” tulis akun twitter Federasi Badminton Denmark, @BadDK.

Di Indonesia, PBSI selaku badan tertinggi bulu tangkis nasional sampai saat ini masih terus menggenjot persiapan atlet untuk turun di ajang Piala Thomas dan Uber, di antaranya dengan menggelar kompetisi internal bertajuk Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020 pada bulan ini.

Peserta & Hasil Drawing Thomas & Uber Cup 2020

Piala Thomas

Grup A
Indonesia, Malaysia, Belanda, Inggris

Grup B
Cina, Taiwan (mundur), Australia (mundur), Perancis

Grup C
Denmark, India, Jerman, Aljazair

Grup D
Jepang, Korea Selatan, Thailand (mundur), Kanada


Piala Uber

Grup A
Jepang, Taiwan (mundur), Mesir, Spanyol

Grup B
Korea Selatan, Indonesia, Australia (mundur), Malaysia

Grup C
Thailand (mundur), Denmark, Skotlandia, Kanada

Grup D
Cina, India, Perancis, Jerman

Baca juga artikel terkait JADWAL THOMAS-UBER CUP 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight