Jadwal & Prediksi Peluang Fajar/Rian Juara di Final Swiss Open 2019

Oleh: Oryza Aditama - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fajar/Rian akan menghadapi ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin, di partai puncak Swiss Open 2019.
tirto.id - Partai final ganda putra Swiss Open 2019 yang akan digelar hari ini, Minggu (17/3/2019) di St.Jakobshalle Basel, bakal mempertemukan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Secara head to head, kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu. Namun Fajar/Rian yang kini (pekan ke-11 BWF) tengah menduduki posisi 9 dunia tersebut, datang melawat ke Basel dengan menyandang status unggulan ke-4. Sementara duet baru asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin hanya berstatus sebagai unggulan ke-8, dengan peringkat dunia ke-89.

Performa Fajar/Rian pada awal tahun 2019 pun bisa dikatakan mengalami peningkatan yang baik. Bulan Januari mereka mengawali kiprahnya di ajang Malaysia Masters. Kala itu mereka tersingkir di babak 16 besar. Berikutnya untuk turnamen Indonesia Masters, mereka sanggup menembus babak perempat final.

Yang terbaru, minggul lalu Fajar/Rian mampu menapakkan kaki mereka di babak semifinal salah satu turnamen bulu tangkis paling bergengsi di dunia, All England 2019.

Catatan tak kalah mentereng juga berhasil dibukukan oleh ganda Taiwan. Mengawali tahun 2019 dengan turun berlaga di turnamen Spain Masters pada bulan Februari, Lee/Wang langsung tampil impresif dengan berhasil merebut gelar juara.

Sementara untuk ajang German Open 2019 dan All England 2019, duo Taiwan tersebut hanya sanggup menembus babak 16 besar saja.

Menanggapi soal pertarungan melawan pasangan Taiwan di final nanti, Muhammad Rian Ardianto, menyebutkan jika pemain ganda Taiwan umumnya memiliki pukulan yang kencang. Ia juga menambahkan jika masih diperlukan diskusi dengan pelatih soal penerapan strategi yang tepat untuk mengantisipasi pasangan baru asal Taiwan tersebut.

"Kebanyakan pemain Taiwan kan pukulannya kencang, kami harus antisipasi bola no lob panjang mereka. Kami juga akan pelajari permainan mereka karena mereka pasangan baru, kami akan nonton video pertandingan mereka dan diskusi dengan pelatih soal strategi yang akan diterapkan," ungkap Muhammad Rian Ardianto, soal persiapan jelang laga final. Sebagaimana dikutip dari laman PBSI, Minggu (17/3/2019).



Rangkaian laga final Swiss Open 2019 hari ini (17/3), dapat dipantau langsung melalui layanan live score BWF mulai pukul 18.00 WIB, atau silakan klik tautan ini.

Baca juga artikel terkait SWISS OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Oryza Aditama