World Cup 2022

Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil di SCTV 10 Des

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 6 Des 2022 08:12 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal 8 besar Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Brasil di Qatar digelar Jumat 9 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.
tirto.id - Jadwal 8 besar Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Brasil di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, akan digelar pada Jumat 9 Desember 2022 pukul 22.00 WIB. Siaran langsung pertandingan perempat final World Cup 2022 ini tayang di SCTV dan live streaming Vidio.

Timnas Kroasia lolos ke perempat final alias 8 besar Piala Dunia 2022 Qatar usai susah-payah menyingkirkan Jepang melalui adu penalti di babak 16 besar. Sedangkan Brasil dengan cukup mudah mendepak Korea Selatan berkat kemenangan telak 4-1 di fase yang sama.

Selanjutnya, Kroasia yang merupakan finalis Piala Dunia 2018 bakal menantang Brasil di fase 8 besar Piala Dunia 2022. Brasil yang di Piala Dunia 2018 terhenti di perempat final kini punya peluang untuk memperbaiki catatan kurang memuaskan tersebut, bahkan difavoritkan menjadi juara.


Bagan Piala Dunia 2022
Bagan Piala Dunia 2022. instagram/fifaworldcup


Jelang Perempat Final Piala Dunia 2022: Hasil Babak 16 Besar Kroasia vs Jepang dan Brasil vs Korsel

Timnas Kroasia menjadi yang pertama mendapatkan tiket lolos ke babak 8 besar Piala Dunia 2022. Lewat adu penalti, skuad asuhan Zlatko Dalic sukses menghentikan laju Jepang yang mengejutkan selama di Qatar.

Di laga 16 besar Piala Dunia 2022, Kroasia tertinggal di menit 43 melalui gol Daizen Maeda. Berawal dari umpan silang Ritsu Doan, bola di kotak penalti dipantulkan oleh Maya Yoshida dan disambar Maeda menjadi gol untuk Jepang.

Keunggulan Jepang itu tak bertahan lama karena Kroasia bisa menyamakan skor di menit 55. Umpan silang Dejan Lovren disambut kepala Ivan Perisic dan menggetarkan jala gawang Shuichi Gonda.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal plus babak tambahan sehingga laga harus dituntaskan lewat adu penalti untuk menentukan tim yang berhak melenggang ke 8 besar.

Di babak tos-tosan, Dominik Livakovic menjadi pahlawan Kroasia. Sang kiper menepis 3 sepakan penalti Jepang oleh Takumi Minamino (penendang 1), Kaoru Mitoma (2), dan Yoshida (4). Gawang Livakovic hanya dibobol oleh Takuma Asano (3).

Sebaliknya, Kroasia mencetak gol melalui Nikola Vlasic (1), Marcelo Brozovic (2), dan Mario Pasalic (4). Hanya Marko Livaja (3) yang gagal mencetak gol karena bola sepakannya membentur tiang.


Bagi Jepang, kegagalan ini tampak sangat familiar. Capaian terbaik Jepang di Piala Dunia sejauh ini adalah menembus babak 16 besar yakni pada 2002, 2010, dan 2018. Artinya, kini sudah 4 kali Tim Samurai Biru meraih catatan serupa.


Di laga 16 besar Piala Dunia 2022 lainnya, Brasil tanpa cela menghajar Korea Selatan 4-1. Semua gol Selecao tercipta di babak pertama. Vinicius Junior membuka skor di menit 7 lewat umpan Neymar.

Neymar sendiri mengemas gol 6 menit kemudian lewat titik putih usai ia dijatuhkan Jung Woo-young di kotak penalti. Lalu menyusul gol Richarlison menit 29 dan Lucas Paqueta menit 36 yang membuat asa Korsel menguap begitu saja.

Korsel asuhan Paulo Bento baru bisa memperkecil skor di menit 76. Alisson tak kuasa membendung tendangan jarak jauh kaki kiri Paik Seung-ho.

Bagi Neymar, keberhasilan mencetak gol di laga itu membuat namanya sejajar dengan Ronaldo Nazario da Lima dan Pele. Ketiganya menjadi pemain Brasil yang sanggup mencetak gol di 3 edisi Piala Dunia berbeda.

Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022: Prediksi Kroasia vs Brasil

Duel Kroasia vs Brasil di 8 besar Piala Dunia 2022 nanti menjadi pertemuan kelima mereka sepanjang sejarah. Khusus di Piala Dunia, laga nanti akan menjadi pertemuan ketiga. Namun akan menjadi yang pertama di fase knock-out Piala Dunia.

Dua pertemuan sebelumnya memang terjadi di babak grup. Pertama di Grup F Piala Dunia 2006 di Jerman ketika Brasil menang 1-0. Gol tunggal Kaka yang saat itu membawa Selecao unggul di Stadion Olimpia, Berlin.

Laga kedua terjadi di pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 saat Brasil menjadi tuan rumah. Brasil saat itu kembali menang dengan skor 3-1 meskipun Kroasia memberikan kejutan ketika terjadi gol bunuh diri Marcelo di menit 11.

Neymar muncul sebagai bintang ketika menyamakan kedudukan di menit 29. Neymar juga yang membalikkan keadaan lewat penalti menit 71. Sedangkan gol terakhir dicetak Oscar jelang laga usai.


Dari 4 pertemuan sebelumnya Brasil memang tak terkalahkan atas Kroasia dengan 3 kemenangan dan 1 imbang. Hasil 2 laga lain terjadi di laga persahabatan saat keduanya main imbang 1-1 pada 2005 dan Brasil menang 2-0 di 2018.

Tentunya, laga di Education City Stadium nanti tidak akan asing bagi skuad kedua tim. Dibanding dengan skuad pada Piala Dunia 2014 lalu, masih ada beberapa pemain kedua negara yang bermain di Qatar 2022.

Brasil masih diperkuat Neymar, Dani Alves, dan Thiago Silva. Ketiganya turun sebagai pemain utama dan bermain 90 menit dalam laga yang digelar di Sao Paulo saat itu.

Lalu dari kubu Kroasia ada Luka Modric, Mateo Kovacic, Dejan Lovren, Ivan Perisic, dan Marcelo Brozovic. Perisic main 63 menit, Kovacic 68 menit, dan Brozovic masuk di menit 88 menggantikan Ivica Olic. Selain mereka, pemain lain bermain penuh selama 90 menit.

Kini kedua tim tentu sudah tak sabar melakoni pertemuan berikutnya yang berhadiah tiket ke semifinal. Pemenang laga ini nanti akan berhadapan dengan pemenang laga lain antara Belanda vs Argentina.

"Kami memimpikan gelar juara. Tapi kami harus fokus dari satu laga ke laga lainnya. Kami harus mempersiapkan diri dengan fokus meraih trofi nantinya," kata Neymar dikutip dari laman resmi federasi sepak bola Brasil.

Sedangkan Kroasia tentu harus bermain tak seperti biasanya kala menghadapi Brasil. Permainan lebih bagus wajib mereka lakukan demi menaklukkan Tim Samba. Jika tidak, Kroasia hanya akan menambah panjang daftar kekalahan mereka atas Brasil di Piala Dunia.

"Brasil tim yang bagus dan punya para pemain hebat. Kami akan melakukan analisa terhadap permainan mereka. Tapi hal yang tak kalah penting adalah bagaimana kami bermain di lapangan," ucap sang kiper Dominik Livakovic, di laman resmi federasi sepak bola Kroasia.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight