Liga Perancis

Jadi Top Skor, Mbappe Kembalikan Kehebatan Pemain Lokal Perancis

Oleh: Wan Faizal - 25 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejak Alexandre Lacazette pada 2014-2015, Kylian Mbappe merupakan pemain lokal pertama yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di Ligue 1.
tirto.id - Kylian Mbappe berhasil menjadi top skor Liga Perancis 2018-2019 dengan torehan 33 golnya. Keberhasilan ini tak hanya menyejukkan bagi Mbappe pribadi dan PSG, namun juga bagi para pemain lokal yang sudah lama tak menyandang gelar prestisius tersebut.

Musim ini, sinar Mbappe sungguh terang benderang. PSG sejatinya punya banyak bintang seperti Neymar, Edinson Cavani, atau Angel Di Maria. Namun anak muda satu ini mampu mengungguli mereka semua dan menjadi pemain terbaik. Sebagai tambahan, gelar top skor pun direngkuh untuk pertama kalinya.

Sepanjang musim, Mbappe sejatinya hanya bermain 29 kali di Ligue 1 namun sanggup mengemas 33 gol. Artinya, ada 1,14 gol yang bisa ia kemas dalam setiap pertandingan yang ia lakoni bersama PSG. Bisa dikatakan Mbappe memang tak punya pesaing. Sebab, top skor kedua yakni Nicolas Pepe hanya mengemas 22 gol dan Cavani di urutan berikutnya dengan koleksi 18 gol.

Dari 33 gol tersebut, Mbappe lebih dominan mengemas golnya ketika bermain di Stadion Parc des Princes. Ada 20 gol yang ia buat disana termasuk catatan fantastis yakni dua kali hattrick melawan AS Monaco dan Guingamp serta sekali quattrick kontra Lyon.

Keberhasilan Mbappe ini pun membuat publik Perancis kembali bergembira. Pasalnya setelah Alexandre Lacazette pada 2014-2015, ada lagi pemain lokal yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi Ligue 1.

Hal ini memang bagaikan oase bagi persepakbolaan Perancis. Pasalnya lepas tahun 2000, hanya pada tujuh edisi saja ada pemain lokal yang bisa menjadi top skor. Mereka adalah Djibril Cisse (2001-2002 dan 2003-2004), Karim Benzema (2007-2008), Andre-Pierre Gignac (2008-2009), Olivier Giroud (2011-2012), Lacazette (2014-2015), dan musim ini ada nama Mbappe.

Bermain Fantastis Musim Ini

Musim 2018-2019 memang menjadi musim terbaiknya Mbappe selama berkarier profesional. Dari sudut pandang keberhasilan membawa klubnya juara, musim ini memang tak lebih baik dibanding musim 2016-2017 saat ia membawa Monaco menjuarai Ligue 1. Tapi dari sisi pribadi, Mbappe memang harus diakui kehebatannya musim ini.

Selain merengkuh gelar top skor, Mbappe mempercantik catatannya tersebut dengan beberapa hal lain. Dalam usianya yang masih 20 tahun, Mbappe juga dinobatkan sebagai Player of the Year dan Young Player of the Year di Ligue 1 musim ini.

Seolah belum cukup, dalam catatan yang dirilis Squawka, Mbappe menjadi pemain paling banyak yang mengemas hattrick musim ini, yakni tiga kali. Sebagai catatan tambahan, di antara tiga kali hattrick tersebut, ada satu yang dikonversinya menjadi quattrick yakni saat melawan Lyon.

Pemain kelahiran Paris itu pun juga tercatat sebagai pemain yang paling sering mengemas brace yakni sebanyak empat kali dalam satu musim kompetisi. Urusan statistik lainnya, Mbappe menjadi pengoleksi terbanyak dalam hal jumlah tembakan (125) dan tembakan tepat ke gawang (71).


Baca juga artikel terkait LIGA PERANCIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight