IZ*ONE dan X1 Batal Hadiri MAMA 2019

Oleh: Syarifah Aini - 26 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mnet mengonfirmasi IZ*ONE dan X1 batal hadiri MAMA 2019 yang dijadwalkan pada 4 Desember mendatang.
tirto.id - Dua group Kpop jebolan Produce 101, IZ*ONE dan X1, batal hadiri Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 yang rencananya digelar pada 4 Desember mendatang, sebagaimana dikonfirmasi Mnet, Selasa (26/11/2019).

“Halo, ini Mnet,” sapa salah satu perwakilan Mnet yang dikutip dari Naver.

“Ini adalah pemberitahuan mengenai daftar bintang tamu dalam acara MAMA 2019 yang akan digelar pada 4 Desember,” sambungnya. Ia lantas melanjutkan pemberitahuan tersebut menjadi 2 poin utama.

Pertama, IZ*ONE tidak akan menghadiri MAMA 2019. Oleh karena itu, pihak Mnet menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh penggemar IZ*ONE.

Kedua, Mnet juga menyampaikan bahwa X1 juga dinyatakan tidak akan menghadiri acara yang sama.

Usai menyampaikan dua poin utamanya, Mnet lantas kembali menyampaikan penyesalan dan permohonan mendalamnya kepada para penggemar mereka yang merasa kecewa atas pemberitahuan ini.

Sebelum pemberitahuan mengenai pembatalan ini dirilis, IZ*ONE memang telah dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara bahwa mereka masuk dalam daftar bintang tamu di ajang penghargaan MAMA 2019.

Konfirmasi itu disampaikan langsung oleh pihak MAMA melalui akun Twitter resmi mereka yaitu @MnetMAMA pada 29 Oktober lalu.


Berbeda dengan seniornya, sebelum berita ini diturunkan, baik X1 maupun MAMA 2019 memang belum memberikan konfirmasi resmi terkait kehadiran boy group beranggotakan 11 personel itu.

Pembatalan kehadiran IZ*ONE dan juga absennya X1 dalam ajang tahunan bergengsi ini disinyalir akibat kasus manipulasi voting yang tengah menimpa mereka.

Seperti diketahui, pada pertengahan Juli lalu, Produce X 101 ditimpa isu tak mengenakan.

Ajang survival show produksi Mnet ini dituduh telah melakukan manipulasi hasil voting pemenang yang berdampak pada kerugian penggemar dan juga finalis Produce X 101.

Tak hanya menyeret nama X1, isu ini pada akhirnya semakin melebar dan memunculkan dugaan manipulasi hasil voting dari pemenang ajang Produce 48. Secara tidak langsung, isu tersebut akhirnya juga turut memengaruhi kegiatan IZ*ONE selaku pemenang dari ajang Produce 48.

Atas isu tersebut, pihak kepolisian akhirnya mulai melakukan investigasi kepada tim produksi Produce X 101 beserta Mnet terhitung sejak 27 Juli 2019.

Usai menjalani proses investigasi, SBS mewartakan, PD Ahn Joon Young selaku produser program Produce 101 telah mengakui adanya manipulasi yang terjadi di dalam ajang produksinya.

Atas pengakuannya itu, akhirnya semua kegiatan IZ*ONE dan juga X1 ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan, termasuk dalam ajang penghargaan MAMA 2019.


Baca juga artikel terkait MAMA 2019 atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis
DarkLight