Iwan Bule Kunjungi Timnas U-23, Beri Dukungan Jelang SEA Games 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 6 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Iwan Bule mengaku puas saat ditanya soal kesan pertamanya terhadap kondisi para pemain Timnas U-23.
tirto.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Komjen Pol Mochammad Iriawan alias Iwan Bule meninjau langsung persiapan Timnas U-23 Indonesia jelang gelaran SEA Games 2019, pada Desember mendatang.

Iwan Bule dalam kunjungan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019) ini, didampingi waketum Cucu Soemantri dan Iwan Budianto, serta Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

"Mereka adalah anak-anak saya. Umur mereka masih muda. Saya berpesan sebagai ayah, sebagai orang tua, mereka fokus hanya pertama latihan. Kedua mereka nanti bertanding dengan spirit untuk menang tentunya. Tadi saya sampaikan semua orang Indonesia menanti, lalu saya meminta mereka menuruti permintaan pelatih dan ofisial," ujar dia.

Ini merupakan kali pertama Iwan bertemu langsung dengan para pemain sejak terpilih sebagai Ketum PSSI, Sabtu (2/11/2019) lalu.

Iwan mengaku puas saat ditanya soal kesan pertamanya terhadap kondisi para pemain. Ia pun optimistis tim ini berada di jalur yang tepat untuk menatap gelaran SEA Games yang bakal dihelat di Manila, Filipina.

“Saya diskusi dengan coach Indra Sjafri, beliau bilang persiapan lancar [...] kalau ditanya, tentu saya optimistis bisa emas. Jadi pemimpin harus optimistis dong, kalau enggak ngapain jadi ketua PSSI," kata Iwan Bule.

Ditemui pada kesempatan yang sama, kepala pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri mengaku senang diberi semangat langsung oleh atasannya tersebut.

"Saya terima kasih ke beliau, beliau memberikan semangat. Beliau berpesan bahwa kami fokus ke latihan saja sekarang, segala hal-hal di luar teknis beliau suport seratus persen bersama exco," tutur mantan juru taktik Timnas U-19 tersebut.

Jika sesuai rencana, Indra dan skuat timnas U-23 masih akan melakoni serangkaian uji coba. Yang terdekat, mereka akan menyambangi Bali pada 11 November untuk berlatih intensif dan menghelat latih tanding.

Soal target sendiri, Indra berkata Iwan tak terlalu membebaninya dengan tujuan spesifik.

"Barusan disampaikan, target di dalam suatu tim ikut turnamen itu bertahap. Lolos grup, setelah itu semifinal, jangan dipenggal sampai di situ. Setelah itu baru final. Setelah itu baru juara. Setuju saya dengan beliau," kata dia.

Walau demikian, secara pribadi Indra menekankan targetnya sudah mutlak, yakni medali emas.
"Karena bagaimanapun saya menerima kontrak di timnas, tujuannya untuk medali emas," kata dia.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight