Bursa Transfer 2020

Ivan Rakitic, Gabriel Magalhaes, & Bursa Transfer Pemain 2020

Oleh: Iswara N Raditya - 2 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berita bursa transfer pemain hari ini, Rabu (2/9/2020), menyajikan Ivan Rakitic yang kembali ke Sevilla dan Gabriel Magalhaes resmi direkrut Arsenal.
tirto.id - Berita seputar bursa transfer pemain sepak bola hari ini, Rabu (2/9/2020), menyajikan kembalinya Ivan Rakitic ke Sevilla yang memilih hengkang dari Barcelona. Selain itu, ada pula Arsenal yang resmi merekrut Gabriel Magalhaes dari klub Ligue 1 Liga Perancis, Lille

Sevilla yang sedang bersiap menjalani La Liga Spanyol 2020/2021 mengumumkan kepulangan Rakitic melalui akun Twitter resminya semalam. “Ivan Rakitic kembali ke rumah dan menjadi pemain Sevilla terbaru. Selamat datang kembali, Ivan!” demikian cuit akun Sevilla Futbol Club.

Ivan Rakitic merupakan gelandang andalan Sevilla yang bergabung dari Schalke 04 sejak 2011. Pemain asal Kroasia ini kemudian direkrut Barcelona pada 2014 usai mengantarkan Los Nervionenses merengkuh gelar juara Liga Europa ketiganya.

Menjelang kick-off LaLiga musim depan dalam situasi bursa transfer pemain yang masih dibayang-bayangi pandemi COVID-19, Ivan Rakitic memutuskan pulang ke Stadion Ramón Sánchez Pizjuán untuk kembali memperkuat Sevilla di usia 32 tahun.


Sevilla Sambut Kepulangan Rakitic

Sevilla merilis kabar bahwa Ivan Rakitic sudah resmi balik ke klub Laliga Spanyol yang kini dibesut Julen Lopetegui. “Sevilla FC dan FC Barcelona telah mencapai kesepakatan untuk transfer gelandang Ivan Rakitic. Dengan cara ini akan menjalani tahap keduanya sebagai putih-merah,” sebut Sevilla via situs resminya.

“Pemain internasional Kroasia dengan 105 penampilan, kembali ke rumah enam tahun setelah kepergiannya ke Barcelona, tak lama setelah mengangkat Liga Europa ketiga. Penandatanganan untuk empat musim berikutnya, hingga 30 Juni 2024,” lanjut otoritas klub.

Dengan ikatan kontrak yang cukup lama itu, Sevilla kemungkinan akan menjadi klub Spanyol terakhir yang diperkuat Rakitic, bahkan sang gelandang bisa saja memungkasi karier sepakbolanya sebagai pemain di Ramón Sánchez Pizjuán.

Selama memperkuat Sevilla di kesempatan pertamanya pada 2011-2014, Rakitic telah bermain sebanyak 149 laga dengan torehan 34 gol dari posisinya sebagai gelandang tengah. Ia turut membawa Sevilla meraih gelar Liga Europa 2014 bahkan terpilih sebagai pemain terbaik di final melawan wakil Portugal, Benfica.

Selanjutnya, mantan pemain Schalke 04 dan FC Basel itu melanjutkan kiprahnya di Barcelona dan ikut merengkuh banyak trofi. Selama membela El Blaugrana, Rakitic yang juga menjadi bagian dari skuad Kroasia di Piala Dunia 2018, tampil di 310 pertandingan dengan 36 gol.


Arsenal Tuntaskan Transfer Gabriel

Berita transfer lainnya menyebutkan bahwa Arsenal telah mendapatkan pemain terbaru kedua jelang digelarnya kompetisi Premier League 2020/2021. Amunisi anyar The Gunners itu adalah Gabriel Magalhaes, bek muda asal Brasil yang sepanjang musim lalu tampil meyakinkan bersama Lille.

“Kami sangat senang telah mendatangkan Gabriel. Dia adalah pemain yang telah kami pelajari selama beberapa waktu dia diminati oleh banyak klub, jadi kami bangga telah menyelesaikan transfer ini dengan Lille,” kata Direktur Teknik Arsenal, Edu Gaspar, dalam situs resmi klub, Selasa (1/9/2020).

“Gabriel Magalhaes adalah pemain berkualitas. Mikel Arteta [pelatih Arsenal] serta jajaran kepelatihan berharap bisa segera mengintegrasikannya ke dalam klub,” lanjut mantan gelandang tim Meriam London ini.
Gabriel Magalhaes berperan sentral bagi Lille di Ligue 1 musim 2019/2020 yang tidak tuntas sampai akhir karena pandemi COVID-19. Tampil dalam 24 pertandingan, klub yang bermarkas di Stade Pierre-Mauroy ini finis di urutan 4 klasemen.

Selain itu, bek berusia 22 tahun yang sempat membela tim nasional Brasil U20 itu juga menjadi starter di enam laga di babak penyisihan grup Liga Champions 2019/2020 dengan seragam Lille.

Gabriel Magalhaes diharapkan menjadi salah satu solusi atas rapuhnya lini pertahanan skuad asuhan Mikel Arteta. Pemain berpostur 190 cm ini bakal bahu-membahu dengan seniornya sesama bek Brasil, David Luiz.

“Kami menyambut Gabriel Magalhaes ke Arsenal. Dia memiliki kualitas yang akan membuat kami lebih kuat sebagai unit bertahan dan sebagai tim,” sebut pelatih The Gunners, Mikel Arteta.

“Dia telah membuktikan dengan Lille bahwa dia adalah seorang bek dengan banyak atribut luar biasa dan kami menantikan untuk melihatnya tumbuh sebagai pemain Arsenal,” imbuh eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City ini.

Keberhasilan Arsenal memboyong Gabriel Magalhaes ke Emirates barangkali menjadi kebanggaan tersendiri bagi The Gunners. Bek muda berbakat itu dikabarkan juga diincar klub-klub mapan Eropa lainnya, termasuk rival Arsenal, Manchester United.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight