Isu Surat Suara Tak Pengaruhi Massa Hadir ke Kampanye Akbar Jokowi

Oleh: Felix Nathaniel - 13 April 2019
TKN menyatakan, isu soal surat suara di Malaysia tidak begitu dipercaya masyarakat karena ditemukan oleh pihak oposisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin, massa tetap ramai menghadiri Kampanye Akbar paslon nomor urut 01.
tirto.id - Ratusan ribu massa telah memenuhi stadion utama Gelora Bung Karno hari Sabtu (13/4/2019). Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto, isu soal surat suara di Malaysia tidak begitu dipercaya masyarakat karena ditemukan oleh pihak oposisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Pada akhirnya kekuatan rakyat pada politik kebenaran itu yang menjadi daya topang bagi Pak Jokowi-Kiai Haji Ma'ruf Amin," tegas Hasto di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Hasto menyatakan, masyarakat bisa terkumpul karena kampanye yang diterapkan adalah kampanye damai. Hasto mengklaim yang datang mendukung Jokowi mencapai 1,2 juta orang.

"Dari tadi malam saja yang daftar datang kesini sudah melampaui 1,2 juta," ucap Hasto lagi.

Sebagian yang datang juga didukung oleh partai koalisi pendukung Jokowi. Sejumlah partai tercatat mendatangkan kader atau simpatisan hingga ribuan orang.

Partai-partai juga terlihat membuat panggung untuk pertunjukan, meski tidak semua simpatisan mengetahui. Hanura misalnya, membuat panggung di sekitaran GBK, tapi massa partai ini sebagian berkumpul di Bundaran HI.

"Dari PDI-P 261 ribu. Golkar 100 ribu. Nasdem 100 ribu. Hanura direncakan 100 ribu. PSI ada 5 ribu. PKPI 15 ribu. PKB 30 ribu. PPP 15 ribu. Semua datang," ucapnya lagi

Massa itu tidak semua masuk ke dalam GBK. Hasto menuturkan, beberapa sebagian akan tetap berada di Bundaran HI dan Jalan Jenderal Sudirman.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno