Isu Rizieq Pulang ke Indonesia, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet

Oleh: Maya Saputri - 21 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pengamanan intensif dilakukan aparat kepolisian di kawasan Bandara Soetta menanggapi kabar kedatangan Rizieq Shihab hari ini.
tirto.id - Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (21/2/2018). Penumpukan kendaraan terjadi akibat keberadaan beberapa mobil pengamanan dari kepolisian yang terparkir di Jalan Raya Bandara.

Pengamanan intensif dilakukan aparat kepolisian menanggapi kabar kedatangan tokoh Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab. Tersangka dalam kasus pornografi itu dikabarkan akan tiba di Indonesia hari ini, usai tinggal di Arab Saudi sejak 10 bulan lalu.

Berdasarkan pantauan Tirto, mobil pengaman kepolisian terparkir tepat sesudah Hotel Ibis Airport yang berada di gerbang utama bandara. Kemacetan dari sana memanjang hingga sebelum gerbang tol bandara.

Meski kemacetan terjadi, suasana di dalam Bandara Soekarno-Hatta khususnya pada Terminal 3 terpantau sepi. Tak ada penumpukan massa yang terlihat di area pintu kedatangan terminal itu.

Rizieq Shihab direncanakan pulang ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Saudi Airlines. Berdasarkan informasi bandara, penerbangan menggunakan Saudi Airlines dijadwalkan dari Terminal 3 Bandara Soetta.

Pihak kepolisian telah memberi kabar bahwa nama Rizieq tidak ada dalam 7 pesawat yang dijadwalkan tiba di Jakarta dari Jeddah hari ini. Namun, massa penjemput Rizieq tetap bertahan untuk menjemputnya. Mereka yakin tokoh FPI itu akan pulang hari ini.

Di lain pihak, Pengurus Lembaga Dakwah Front DPP FPI Novel Bakmumin tetap meyakini Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab kembali ke Indonesia. Novel pun menepis kabar Rizieq tidak pulang.

"Kita sudah klarifikasi kita sudah tanya sebagian kepada tim Mekah bahwa manifes itu baru ketahuan setelah Habib Rizieq atau timnya berangkat baru akan terdata," tutur Novel di Cengkareng, Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan yang disampaikan kepolisian, nama Imam Besar FPI itu tidak ada dalam manifes pesawat. Wakil Ketua ACTA itu mengklaim, manifes penerbangan baru terlihat saat Rizieq naik pesawat. Mereka akan tetap menunggu. Rencananya, pihak panitia akan mengonfirmasi kembali pagi ini ke bandara.

"Jadi kita tetap menunggu insyaallah jam 8 atau jam 7 mungkin kita ke sana memastikan kehadiran [Habib Rizieq]," kata Novel.

Novel mengaku, dirinya akan meminta keterangan dari Nur Sukma selaku ketua panitia penjemputan Rizieq atau sekretaris panitia. Mereka terus meminta informasi Rizieq jadi berangkat atau tidak ke Indonesia. Mereka pun sudah mengantisipasi segala masalah yang terjadi bila Rizieq kembali ke Indonesia.

"Kita hadapi di sini semua akan kita bersiap apapun risikonya kita siap kawal habib sampai titik darah penghabisan," kata Novel.

Baca juga artikel terkait KASUS RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Lalu Rahadian & Andrian Pratama Taher
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight