Istri Walkot Depok Positif COVID-19, Wali Kota M Idris Negatif

Oleh: Riyan Setiawan - 27 Agustus 2020
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Bunda Elly Farida, berdasarkan hasil swab PCR terkonfirmasi positif COVID-19.
tirto.id - Elly Farida, istri Wali Kota Depok, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok dinyatakan positif COVID-19.

"Kami sampaikan informasi bahwa Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Bunda Elly Farida, berdasarkan hasil swab PCR terkonfirmasi positif COVID-19," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, Kamis (27/8/2020).

Saat ini kata dia, Elly dalam keadaan stabil dan tengah melakukan isolasi di rumah sakit.

Usai Elly dinyatakan positif, Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan anggota keluarga yang lain sudah dilakukan tes usap. "Hasilnya negatif COVID-19," imbuhnya.

Elly diduga terpapar COVID-19 dari pegawai di Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

"Kasus ini sementara terindikasi merupakan kasus kontak erat dari kasus konfirmasi positif ASN Kecamatan Sukmajaya," terangnya.

Selain itu, ditemukan juga dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga.

Dengan adanya penemuan kasus positif COVID-19 tersebut, pihaknya melakukan sejumlah langkah agar tidak terjadi penularan.

Di antaranya, menutup sementara operasional layanan di kantor Kecamatan Sukmajaya dan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga mulai tanggal 26 Agustus sampai dengan 1 September 2020. Lalu dilakukan disinfektasi di seluruh area kantor.

Seluruh karyawan melakukan isolasi mandiri dan Work From Home (WFH), serta melakukan tes usap. Kemudian melakukan tracing kasus, dan tes usap terhadap seluruh kontak erat, dimulai Kamis ini.

"Bagi warga yang merasa melakukan kontak erat dan belum dihubungi oleh tim atau Puskesmas, agar dapat melapor diri ke Puskesmas," terangnya.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight