Istri Gusdur Kisahkan Habibie yang Ikut Sahur Keliling Bersamanya

Oleh: Riyan Setiawan - 12 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
BJ Habibie kata Sinta mengatakan bahwa kegiatan sahur keliling untuk membagi-bagikan makanan kepada orang yang membutuhkan sangat bagus dan tidak ada duanya.
tirto.id - Istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gusdur), Sinta Nuriyah Wahid mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya BJ Habibie. Ia bercerita, hal yang paling dikenang dari Presiden ke-3 RI itu adalah tertarik mengikuti kegiatan sahur kelilingnya.

"Yang saya kenang adalah bahwa Pak Habibie justru tertarik dengan kegiatan saya dan mau ikut sahur keliling besama saya," kata Sinta saat berpidato di depan makam BJ Habibie, TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sinta menerangkan, sebelum BJ Habibie masuk Rumah Sakit, ia berkunjung ke kediaman Presiden ke-3 RI itu. Kebetulan, saat itu juga BJ Habibie baru pulang dari Rumah Sakit.

Pada saat bertemu, BJ Habibie kata Sinta mengatakan bahwa kegiatan sahur keliling untuk membagi-bagikan makanan kepada orang yang membutuhkan sangat bagus dan tidak ada duanya.

Sehingga pada saat itu, lanjut dia, BJ Habibie sangat tertarik untuk ikut dengannya melakukan kegiatan sahur keliling.

"Saya jadi ketawa, saya pulang sampai dibawain sekotak kurma. Itu yang membuat saya selalu ingat Pak Habibie," terangnya.

Menurut Sinta, selama ini BJ Habibie merupakan orang yang tulus.


Selain Sinta, Wakil Presiden ke-6 Indonesia, Try Sutrisno juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya BJ Habibie.

Ia menilai, selama hidup BJ Habibie merupakan orang yang baik. Ia pun berharap Semoga Presiden ke-3 RI itu mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan.

"Semoga Pak Habibie mendapat tempat yang indah sesuai dengan banyak dharma baktinya yang mencintai alam semesta termasuk semua makhluk, termasuk kita ini," kata dia usai melayat ke Upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebelumnya Thareq Kemal Habibie, anak dari Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie, menyampaikan langsung kabar meninggalnya sang ayahanda.

"Ayah saya, Presiden RI ketiga, telah meninggal pukul 18.03, innalillahi wainailaihi," ujar Thareq saat ditemui di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

"Alasan kenapa meninggal, sudah menua. Dan memang saya katakan kondisinya memang sudah gagal jantung," lanjutnya.



Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight