Istana Tegaskan Tak Minta Hasil Tes Urine ke Pejabat Polri

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 14 Okt 2022 19:02 WIB
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya hanya menerima hasil tes negatif COVID-19 bagi pejabat Polri yang hadir ke Istana Negara.
tirto.id - Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengklaim tidak ada tes urine bagi personel polisi yang hadir dalam acara pengarahan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022). Benny memastikan peserta acara hanya diwajibkan menjalani tes swab PCR COVID-19.

"Kapan? Enggak ada. Enggak ada tes itu. Itu ngarang itu. yang ada itu PCR, harus negatif," kata Benny di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Beredar kabar bahwa ada delapan kapolda yang terjaring tes urine kedapatan kasus narkoba saat hendak menghadiri acara pengarahan Presiden Jokowi hari ini.


Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga menegaskan pihaknya hanya memberikan syarat kepada para kapolda dan kapolres untuk melakukan tes kesehatan COVID-19 yakni tes swab PCR. Tes COVID pun bukan dilakukan atas wewenang istana.

Pihak istana hanya menerima hasil tes yang menyatakan negatif COVID-19.

"Jadi yang ada informasi 8 [Kapolda] itu kiranya teman-teman media itu bisa dilakukan klarifikasi kepada rekan-rekan Polri," jelas Heru.

Heru juga memastikan bahwa hasil tes urine tidak dipegang oleh Sekretariat Presiden. Istana hanya memegang hasil tes swab PCR COVID-19 pada para anggota Polri yang hadir dalam pengarahan.

"Tidak, tidak. Kami kan hanya meminta swab PCR, itu aja dan lainnya silakan kewenangan dari Mabes Polri," kata Heru.



Baca juga artikel terkait POLRI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight