Istana: MenpanRB Alokasi untuk PDIP, Figurnya Makin Mengerucut

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 8 Agu 2022 18:40 WIB
Nama calon MenpanRB pengganti Tjahjo Kumolo semakin mengerecut. Pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat.
tirto.id - Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan Presiden Jokowi akan menunjuk MenpanRB definitif. Penunjukan MenpanRB definitif juga dipastikan akan melibatkan PDI Perjuangan selaku partai asal mendiang Tjahjo Kumolo.

"Untuk pengganti pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama antara bapak presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan dari bu Mega karena memang yang digantikan itu juga kader PDI Perjuangan, dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," Kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pramono yang merupakan representasi Istana itu menuturkan, pembahasan akan dilakukan dalam waktu dekat karena Megawati sudah kembali ke Indonesia. Presiden RI ke-5 itu sempat berada di luar negeri karena menghadiri wisuda anak Puan.

Ia pun mengatakan bahwa nama kandidat pengganti Tjahjo sudah ada. Namun Pramono masih menutup kandidat tersebut. Ia tidak memungkiri nama yang ditunjuk akan final dalam waktu dekat.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas presiden dengan ibu Mega," jelas Pramono.

Pramono menegaskan pertemuan Jokowi dengan Mega adalah silaturahmi dan etika politik. Jokowi akan memanggil pihak partai politik sebelum memutuskan kandidat menteri yang ditunjuk. Ia pun tidak merinci kapan pertemuan dan pelantikan. Namun ia memastikan pelantikan berjalan dalam waktu dekat.

"Ya tergantung kesepakatan yang ada, tapi nggak terlalu lama. Mudah-mudahan segera," pungkas dia.



Baca juga artikel terkait MENPANRB atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight