Islamic Book Fair 2020 akan Kembali Digelar 26 Februari-1 Maret

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 17 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pameran buku Islam terbesar Islamic Book Fair akan kembali digelar pada 26 Februari hingga 1 Maret 2020.
tirto.id - Islamic Book Fair atau IBF kembali diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta yang akan bermarkas di Hall A-B, Jakarta Convention Center (JCC).

Perhelatan ini akan dimulai tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2020 pada pukul 10.00 - 21.00 WIB setiap harinya.

Adapun tiket masuk untuk dapat menikmati koleksi buku yang dipamerkan dibagi menjadi dua jenis tiket yaitu

- Pelajar : Rp5.000

- Mahasiswa : Rp10.000

Pada edisi ke-19nya, Islamic Book Fair (IBC) mengangkat tema "Literasi Islam; Cahaya untuk Negeri" (Literacy of Islam, Br19ht the Nations).

Tema tersebut dipilih dengan harapan untuk dapat membangkitkan kembali semangat ilmuwan islam, melalui karya-karya mereka yang mampu menerangi dan menjadi cahaya bagi umat, bangsa, dan negara.

Harapan besar tersebut diwujudkan oleh panitia yang diisi oleh buku-buku Islam karya intelektual Muslim, baik zaman era keemasan hingga terkini.

IBF tak hanya akan memamerkan kolehsi buku-buku Islam karya penerbit ternama, namun juga akan diisi oleh stand stand yang akan memamerkan karyanya dari dunia fashion, perbankan, asuransi, properti, dan pendukung lainnya untuk memanjakkan pengunjung IBF.

Pada edisi sebelumnya, IBF bahkan memiliki pengunjung yang tak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari luar kota, bahkan hingga mancanegara, seperti Brunei Darussalam,Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Thailand, dan lainnya.

Keikutsertaan peserta, kehadiran pengunjung, dan kemeriahan acara, serta buku-buku dan barang-barang yang dipamerkan, membuat Islamic Book Fair (IBF) senantiasa menjadi destinasi wisata dan agenda rutin bagi kalangan pelajar, sekolah, pesantren, kampus, hinggapara intelektual.

Itulah yang membuat panitia IBF meraih sukses seperti edisi sebelumnya dari semua elemen Islamic Book Fair yang terlibat.

Kegiatan Islamic Book Fair 2020 akan disajikan dalam beberapa bentuk mulai dari:

1. Pameran dan penjualan produk-produk penerbit buku Islam dalam dan luarnegeri, produk penunjang dan aksesoris Islami, lembaga pendidikan Islam,lembaga keuangan syariah, lembaga amil zakat, lembaga sosial, dan produk halal.

2. Rangkaian acara IBF 2020 terdiri atas: bedah buku, kontak bisnis, jumpa tokohnasional dan internasional, seminar, talkshow, lomba-lomba mulai dari lomba mewarnai dan menggambar juga lomba robotic, dan acara lainnyayang dikemas dengan pendekatan edutainment

3. Penganugerahan Islamic Book Award kepada insan perbukuan Islam Indonesia.

Islamic Book Award 2020 menjadi acara yang dapat dikatakan paling ditunggu. Hal ini dikarenakan panitia penyelenggara akan memberikan Anugerah Islamic Book Award untuk delapan kategori yang ada yaitu Buku Fiksi Anak, Fiksi Dewasa, Non Fiksi Anak, Non Fiksi Dewasa, Terjemahan, Ilustrasi, Desain Sampul, dan Tata Letak (Lay Out).

Bagi Anda yang ingin mendaftarakan buku atau karya tulis dalam salah satu kategori Islamic Book Award 2020 bisa memperhatikan syarat dan ketentuan pada laman website resmi Islamic Book Fair 2020.

4. Tablik Akbar dan Kajian Keislaman.

Islamic Book Fair (IBF) merupakan Pameran Buku Islam terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara yang menampilkan ratusan penerbit dari puluhan ribu judul.

Islamic Book Fair (IBF) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001. Pada tahun ini, merupakan gelaran akbar pameran buku Islam yang ke-19.


Baca juga artikel terkait ISLAMIC BOOK FAIR 2020 atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight