Isi Kandungan Surat Al Lahab dan An Nasr: Penjelasan dan Artinya

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 27 Apr 2022 08:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Umat Islam sebaiknya memahami isi kandungan dari Surah Al Lahab dan An Nasr. Berikut selengkapnya.
tirto.id - Surah Al Lahab dan An Nasr merupakan dua surah yang familiar dibaca dan dihafalkan oleh umat Islam. Tidak hanya itu, pada saat pendirian salat tarawih di bulan Ramadan, kedua surah ini juga sering kali menjadi bacaan pilihan setelah Surah Al Fatihah.

Surah Al Lahab secara sederhana menceritakan tentang ancaman Allah SWT kepada Abu Lahab dan istrinya terkait sikapnya kepada Nabi Muhammad saw. Sementara Surah An Nasr memuat bukti janji Allah untuk kemenangan umat Islam dan isyarat semakin dekatnya ajal Nabi Muhammad saw.

Di samping membaca dan menghafalkannya, umat Islam sebaiknya memahami isi kandungan dari Surah Al Lahab dan An Nasr. Berikut ini penjelasan dan isi kandungan dari Surah Al Lahab dan An Nash tersebut.

Bacaan Surah Al Lahab Arab, Latin, dan Terjemahannya



تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ - ١مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ - ٢سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ - ٣وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ – ٤ فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ - ٥

Bacaan latinnya: Tabbat yadā abī lahabiw wa tabb. Mā agnā 'an-hu māluhụ wa mā kasab. Sayaṣlā nāran żāta lahab. Wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab. Fī jīdihā ḥablum mim masad.

Artinya: “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka). Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.”(QS. Al Lahab [111]1-5)

Penjelasan dan Isi Kandungan Surah Al Lahab



Surah Al Lahab merupakan surah ke-111 di dalam mushaf Al Quran. Surah ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk ke dalam surah Makkiyah (surah-surah yang diturunkan di kota Makkah).

Surah Al Lahab mengisahkan tentang paman Nabi Muhammad saw, Abu Lahab dan istrinya yang menentang dakwah keponakannya. Mereka berdua kemudian dilaknat oleh Allah SWT sesuai surah Al Lahab untuk masuk ke dalam neraka.

Semua harta dan segala usaha-usaha yang mereka miliki bahkan tidak dapat menolongnya. Istri Abu Lahab, Umi Jamil disebut sebagai pembawa kayu bakar (penyebar fitnah) di dalam Surah Al Lahab, karena selalu memberitakan hal bohong tentang Nabi.



Bacaan Surah An Nasr Arab, Latin, dan Terjemahannya



إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ . وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا . فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

Bacaan latinnya: Idzaa jaa-a nashrulloohi wal fath. Waro-aitan naasa yadkhuluuna fii diinillaahi afwaajaa. Fasabbih bihamdi robbika wastaghfirhu innahuu kaana tawwaabaa.

Artinya: "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat." (QS. An Nasr [110]: 1-3)

Penjelasan dan Isi Kandungan Surah An Nasr



Surah Al Nasr merupakan surah ke-110 di dalam mushaf Alquran. Surah ini terdiri dari 3 ayat dan termasuk ke dalam surah Madaniyah (surah-surah yang diturunkan di kota Makkah).

Dikutip dari buku Al Quran Hadis oleh Kemenag (2014:55), Surah An Nas memberitakan tentang dekatnya kematian Rasulullah saw setelah peristiwa penaklukan kota Makkah. Allah swt dalam surah ini menggambarkan umat Islam dari Madinah yang berbondong-bondong memasuki kota Makkah.

Kemudian, Allah swt mengabarkan kepada Nabi Muhammad saw. bahwa sebentar lagi beliau akan menghadapi ajal (kematian). Allah juga menjelaskan bahwa akhirat lebih baik daripada dunia sebagai pemberian yang lebih memuaskan.


Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN AGAMA ISLAM atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight