ISAC 2020 Spesial Chuseok Digelar Tanpa Penonton karena COVID-19

Oleh: Putri Avi Nursasi - 5 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Acara ISAC 2020 akan digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19.
tirto.id - Program variety show Korea Selatan berjudul Idol Star Athletics Championships 2020 (ISAC) akan digelar tanpa menghadirkan penonton.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak stasiun televisi MBC selaku pihak penyelenggara acara.

Dilansir dari Soompi, (05/08/2020), ISAC 2020 tanpa penonton ini merupakan imbas dari kekhawatiran penyebaran COVID-19 beserta penerapan physical distancing.

Sebagai gantinya, pihak MBC mencari metode yang aman bagi penggemar untuk berkomunikasi dengan idola sambil menikmati pertunjukan.

Pihak MBC juga akan menyiapkan beberapa tindakan pencegahan seperti jarak sosial antara atlet idola yang berpartisipasi selama periode persiapan sebelum acara dan meminta bantuan tim medis yang siap siaga.

Acara ‘Idol Star Athletics Championships 2020’ ini akan menghadirkan cabang-cabang olahraga yang tidak memerlukan kontak pribadi seperti panahan dan e-Sports. Nantinya, akan ada acara-acara baru yang minim kontak antara para atlet.

"Dengan langkah-langkah pencegahan menyeluruh, kami akan menempatkan keselamatan para pemain dan staf sebagai prioritas utama kami, dan kami akan melakukan yang terbaik sehingga semua orang dapat berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mudah," kata perwakilan dari pihak MBC.

Idol Star Athletics Championships 2020 (ISAC) adalah ajang olahraga rutin khusus idola K-Pop yang dijadwalkan tayang sebanyak dua kali dalam setahun.

Pertama, pada masa liburan perayaan tahun baru China (Lunar New Year) yang jatuh pada bulan Februari.

Kedua, pada hari libur perayaan panen raya (Chuseok), biasanya, sekitar musim gugur di Korea Selatan.

Program ini tayang sejak 2010 diikuti oleh idola Korea Selatan. Meski berasal dari agensi yang berbeda, setiap pelaksanaan 'ISAC' ini, baik idola senior maupun junior akan berkumpul jadi satu di venue.

Para idola ini akan bertanding untuk memperebutkan medali dari berbagai cabang olahraga yang ada. Misalnya, futsal, panahan, atletik, basket, senam ritmis, hingga gulat tradisional Korea.

Namun, karena pandemi COVID-19 beberapa cabang olahraga ini akan dihapuskan untuk tahun 2020 dan menyisakan cabang olahraga panahan dan e-Sports.


Baca juga artikel terkait ACARA ISAC 2020 AKAN DGELAR TANPA PENONTON atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Putri Avi Nursasi
Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight