iPhone 6, Masih Pantas Dibeli di 2019?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 5 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga Apple iPhone 6 baru di angka Rp4 jutaan per Juli 2019.
tirto.id - Meski saat ini iPhone seri baru seperti XS dan XR sudah dirilis, seri lama masih banyak dijual di pasaran. Harganya yang lebih terjangkau dan performa masih memadai menjadi daya tarik. iPhone 6, salah satu seri yang cukup populer, apakah masih layak dibeli di 2019?

Saat ini, iPhone 6 masih dijual di e-commerce terkemuka Indonesia, di antaranya Lazada dan Shopee, baik dalam kondisi baru maupun bekas. Harga iPhone 6 juga bervariasi, tetapi untuk varian 32GB bergaransi resmi berada di kisaran Rp 4,4 juta. Mengenai varian dengan garansi distributor dijual dengan harga lebih murah.

iPhone 6 pertama kali diperkenalkan di pasar global pada September 2014 silam. Smartphone ini hadir dengan perubahan desain yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 5S. iPhone 6 tampil dengan sudut lebih membulat sehingga nyaman digenggam.

Ponsel iPhone 6 dibalut dengan cangkang berbahan aluminium yang cukup kuat dan solid, serta tersedia dalam beberapa varian warna, yakni Space Gray, Silver, dan Gold. Dimensi iPhone 6 lebih besar dari iPhone 5S karena ukuran layarnya juga lebih lapang.

Apple membekali iPhone 6 layar sentuh berukuran 4,7 inci dengan resolusi HD dan menggunakan panel IPS berteknologi Retina Display. Layar ponsel ini dilindungi antigores berupa ion-strengthened glass dan oleophobic coating.

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone 6 sudah menjalankan sistem operasi iOS 8.0 dan saat ini telah mendapat upgrade ke versi 12.3. Ponsel ini juga dibekali fitur keamanan berupa sensor sidik jari yang tersemat di tombol Home.

Fotografi menjadi salah daya tarik iPhone 6 berkat dukungan kamera iSight berkekuatan 8MP yang diperkuat sensor 1/3 inci dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF).

Kamera depan iPhone 6 bisa dikatakan biasa saja dengan resolusi 1,2MP untuk kebutuhan foto selfie.

Performa iPhone 6 terbilang kencang di masanya berkat kinerja prosesor Apple A8 berkonsep dual-core Typhoon dengan kecepatan 1,4GHz dan ditandemkan RAM 1GB. Kemampuan iPhone 6 untuk aktivitas gaming cukup andal berkat dukungan GPU dari PowerVR GX6450.

iPhone 6 tersedia dalam empat varian media penyimpanan, yakni 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB, serta tidak dilengkapi dengan slot microSD. Ponsel ini didukung baterai berkapasitas 1.810mAh guna menunjang aktivitas pengguna.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
DarkLight