iPhone 12 Dijual Tanpa Earpods & Charger, Apple: Alasan Lingkungan

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 14 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apple tidak menyertakan charger dan earpods dalam dus setiap pembelian perangkat iPhone 12 series, karena alasan lingkungan.
tirto.id - Apple baru saja memperkenalkan produk terbarunya yaitu iPhone 12 series, dalam acara virtual pada Selasa, (13/10/2020) waktu Amerika Serikat.

iPhone 12 series ini terdiri dari 4 ponsel yang semuanya berkemampuan 5G, mereka adalah iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Semua perangkat terbaru ini akan beroperasi dengan chip A14 Bionic Apple baru, yang menurut Apple akan meningkatkan kinerja dengan efisiensi energi yang lebih baik.

Peluncurhan produk terbaru Apple setiap tahunnya selalu menjadi perbincangan, baik dari segi desain, fitur, hingga spesifikasi.

Dilansir dari USA Today, tahun ini Apple mengumumkan tidak menyertakan kepala charger dan earpod di dalam dus setiap pembeliannya. Di dalam dus, Apple hanya menyediakan perangkat iPhone dan 1 USB-C to Lightning Cable.

Apple mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi emisi karbon, dan mengurangi penambangan serta penggunaan bahan yang digunakan untuk membuat item tersebut.

"Pelanggan sudah memiliki lebih dari 700 juta earpods dan banyak pelanggan telah beralih earpods nirkabel atau AirPods atau headphone nirkabel lainnya," kata Lisa Jackson, wakil presiden Apple untuk kebijakan lingkungan dan inisiatif sosial, selama presentasi peluncuran iPhone, Selasa (13/10).

"Ada juga lebih dari 2 miliar adaptor daya Apple di dunia dan itu belum termasuk miliaran adaptor pihak ketiga," tambahnya. "Jadi kami mengeluarkan item ini dari kotak iPhone yang mengurangi emisi karbon dan menghindari penambangan dan penggunaan bahan berharga."

Laman Bussines Insider melaporkan, ini adalah perubahan besar dari sejarah Apple, termasuk headphone berkabel dengan perangkat nirkabelnya, kembali ke iPod dan berlanjut ke iPhone 11 2019.

Bahkan ketika Apple menghilangkan jack audio headphone dari ponsel andalannya pada tahun 2016, perusahaan terus memasukkan versi dari EarPod berkabel di dalam kotak dengan konektor lightning.

Headphone tersebut tidak akan disertakan dalam kotak dengan iPhone tahun ini, begitu juga dengan pengisi daya.

Langkah ini dilakukan ketika earbud nirkabel AirPods Apple semakin populer, menjadi bagian yang semakin penting dari jajaran produk perusahaan.

Selain itu, perusahaan memperkenalkan solusi pengisian nirkabel baru pada hari Selasa: MagSafe, alas pengisian nirkabel untuk iPhone. Magsafe dijual terpisah dari perangkat iPhone 12 series.

Dilansir dari laman CNET, MagSafe, yang menggunakan pin magnetis untuk menghubungkan kabel pengisi daya dengan perangkat, dan paling dikenal sebagai aksesori penting untuk MacBook.

Apple menghapusnya secara bertahap pada tahun 2016, tetapi tetap dapat mengisi daya di hari lain.


Untuk pengguna Apple Watch, ada juga pengisi daya MagSafe Duo yang dapat mengisi daya jam tangan dan iPhone Anda secara bersamaan.

Aksesori pihak ketiga juga akan tersedia. Menurut Apple, Belkin sudah mengerjakan beberapa opsi, termasuk dudukan mobil dan dok multicharger.




Baca juga artikel terkait IPHONE 12 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight