iOS 14 Diperkenalkan Apple, Kapan Rilis dan untuk iPhone Apa Saja?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 23 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Kapan iOS 14 rilis dan iPhone apa saja yang bisa menggunakan iOS 14?
tirto.id - Apple memperkenalkan tampilan baru iOS 14 yang memiliki pembaruan pada Home Screen. Apple merancang ulang widget dan App Library, membuat cara baru untuk masuk App Store dengan App Clips, pembaruan pada Messages, dan lain-lain.

Widget iOS 14 menyajikan informasi tepat waktu secara sekilas dan dapat disematkan dalam berbagai ukuran pada halaman Home Screen mana pun. Pengguna dapat membuat Smart Stack widget untuk memunculkan widget yang tepat berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitas.

Halaman Home Screen dapat menampilkan widget yang disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan, dan lain-lain.

Di akhir halaman Home Screen ada App Library, ruang baru yang secara otomatis mengatur semua aplikasi pengguna menjadi satu tampilan sederhana, mudah dinavigasi, dan memunculkan aplikasi yang mungkin dapat membantu pengguna saat itu.

Pengguna dapat memilih berapa banyak halaman Home Screen yang ditampilkan dan dengan mudah menyembunyikan halaman untuk akses lebih cepat ke App Library.

FaceTime dan Siri memiliki desain baru yang semuanya memungkinkan pengguna untuk tetap berada dalam konteks apa yang mereka lakukan. Dengan dukungan Picture-in-Picture, pengguna iPhone dapat menonton video atau melakukan panggilan FaceTime saat menggunakan aplikasi lain.

“iOS 14 mengubah elemen paling ikonik dari iPhone, dimulai dengan pembaruan terbesar yang pernah kami buat ke Home Screen,” kata Craig Federighi, Apple’s senior vice president of Software Engineering.

“Dengan widget yang didesain ulang dengan indah di Home Screen, App Library yang secara otomatis mengatur semua aplikasi Anda, dan App Clips yang cepat dan mudah ditemukan, iPhone menjadi lebih kuat dan lebih mudah digunakan,” ujar Federighi.

Daftar Pembaruan iOS 14


App Clips iOS 14

App Clips adalah bagian kecil dari aplikasi yang dirancang untuk ditemukan pada saat dibutuhkan. App Clips berkaitan dengan produk atau bisnis tertentu, dan mampu menyelesaikan tugas dalam hitungan detik, seperti menyewa skuter, membeli kopi, atau mengisi meteran parkir.

App Clips dapat dengan mudah ditemukan dan diakses dengan memindai kode App Clips yang dirancang Apple, 1 atau melalui tag NFC dan kode QR, atau dibagikan dalam Messages atau dari Safari, semua dengan keamanan dan privasi.

Aplikasi Messages iOS 14

Messages adalah salah satu aplikasi penting untuk berkomunikasi. Pada iOS 14, pengguna dapat menyematkan percakapan ke bagian atas daftar pesan, mengikuti utas grup melalui mentions dan reply, dan menyesuaikan percakapan dengan mengatur foto grup menggunakan gambar atau emoji.

Opsi Memoji baru di Messages memiliki penampilan baru dengan tambahan gaya rambut, headwear, penutup wajah, dan banyak lagi.

Maps di iOS 14

Aplikasi Maps menjadi lebih mudah navigasi dan menjelajah dengan petunjuk arah bersepeda, rute transportasi, dan Guides atau Panduan yang dikuratori. Petunjuk arah untuk bersepeda mempertimbangkan tanjakan, seberapa macet sebuah jalan, dan apakah ada tangga di sepanjang rute.

Rute transportasi listrik berisi lokasi pengisian bahan bakar di sepanjang rute yang dirancang berdasarkan jenis muatan dan pengisi daya kendaraan saat ini.

Guides menyediakan daftar tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di kota, seperti restoran baru, tempat-tempat populer, dan menjelajahi rekomendasi baru.

Fitur Privasi yang Ditingkatkan di iOS 14

Semua aplikasi di iOS 14 akan diminta untuk mendapatkan izin pengguna sebelum pelacakan. Akhir tahun ini, halaman produk App Store akan menampilkan ringkasan dari praktik privasi yang dilaporkan sendiri oleh pengembang, ditampilkan dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.

Selain itu, pengguna dapat memutakhirkan akun yang sudah ada untuk Sign in ke Apple dan memilih untuk membagikan perkiraan lokasi, serta mendapatkan lebih banyak transparansi dalam penggunaan mikrofon dan kamera dalam aplikasi.

Tanggal Rilis iOS 14


Apple belum mengkonfirmasi tanggal rilis iOS 14, tetapi, menurut Tech Radar, kemungkinan iOS 14 versi final dapat diunduh pada September tahun ini.

Namun, pengguna dapat mengunduh versi beta dari pengembang mulai hari ini, tetapi pengguna memerlukan akun khusus. Versi iOS 14 beta untuk publik dijadwalkan mendarat pada Juli. Itu menjadi kesempatan pertama pengguna untuk menjajal sistem operasi terbaru Apple.

Versi beta publik dari perangkat lunak sering kali bersifat temperamental, jadi sebaiknya Anda menunggu hingga September untuk versi final iOS 14.

iOS 14 Bisa untuk iPhone Apa Saja?


Jika saat ini iPhone Anda menggunakan iOS 13, Anda dapat meningkatkan ke pembaruan ke sistem perangkat lunak berikutnya. Jika ponsel Anda adalah iPhone 6S (mulai 2015) atau lebih baru, Anda akan mendapatkan pembaruan.

Berikut ini daftar iPhone yang dapat mengunduh iOS 14 yang diperkirakan rilis pada September 2020:

- iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPhone SE (generasi pertama)

- iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

- iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X

- iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR

- iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

- iPhone SE (generasi kedua)


Baca juga artikel terkait IOS 14 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight