Investor Sambut Positif Hasil Quick Count, IHSG Diprediksi Menguat

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 21 April 2019
Penguatan IHSG turut dipengaruhi sentimen hasil quick count Pilpres 2019.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bisa menembus angka 6.675. Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG pada penutupan perdagangan tanggal 18 April 2019 berada di 6.507,221, atau naik 25,68 poin (0,396 persen)

Prediksi IHSG itu disampaikan Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta saat dihubungi Tirto, Minggu (21/4/2019). "Prediksi IHSG saya yakni di angka 6.675," kata dia.

Ia menjelaskan, penguatan IHSG turut dipengaruhi sentimen hasil quick count Pilpres 2019 yang memenagkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf.

Meskipun baru disampaikan lewat quick count, namun menurut Nafan, investor sudah menangkap sinyal kemenangan Jokowi.


Karena menurut para investor dari pengalaman sebelumnya, quick count tak akan jauh berbeda hasilnyanya dengan perhitungan sebenarnya oleh KPU. Hal ini memberi sinyal positif bahwa kebijakan ekonomi Jokowi bakal berlanjut.

"Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena menghitung hasil Pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden. Maka dari itu real count-pun juga akan sama hasilnya dengan quick count sehingga akan direspons positif oleh para pelaku investor," jelas dia.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Irwan Syambudi