Instagram Rilis Fitur Baru: Bisa Sembunyikan Like di Postingan

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 27 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Instagram rilis fitur yang bisa menyembunyikan jumlah like dalam sebuah postingan.
tirto.id - Setelah Instagram melakukan uji coba fitur yang bisa menyembunyikan "like" di postingan pengguna, kini fitur tersebut sudah resmi dirilis. Perilisan dilakukan secara bertahap untuk publik pada minggu ini.

Langkah tersebut menyusul uji coba awal pada tahun 2019 lalu dan proses pengembangannya yang memakan beberapa tahun. Fitur yang dimaksud pun sempat 'terbengkalai' akibat pandemi COVID-19.

Ide awal dari pembuatan fitur ini adalah untuk mengurangi anxiety (kecemasan) dan rasa malu pengguna saat konten yang diposting tidak mengumpulkan banyak like. Di sisi lain, banyak pengguna remaja yang lebih peduli akan apa yang teman-teman mereka pikirkan tentang aktivitas di media sosial.

Dengan banyaknya umpan balik yang masuk, Instagram memberikan pilihan pada pengguna. Nantinya, pengguna sendiri yang memutuskan apakah akan mengaktifkan fitur ini sehingga bisa melihat "likes" di postingan orang lain, atau menonaktifkannya. Pengguna juga bisa mematikan penghitungan "likes" di postingan mereka sendiri.

Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna tinggal mengarah ke Settings kemudian Posts. Nantinya, pengguna akan melihat toogle yang jika diaktifkan, bisa menyembunyikan "likes" di postingan.

Patut dicatat, metrik di Instagram tidak berubah. "Likes" dan data yang dikumpulkan dari aktivitas berbasis "likes" tidak hilang dan pengguna masih bisa meliat berapa banyak "likes" di postingan mereka sendiri meskipun angka ini disembunyikan dari orang lain.

Dilansir Vox, metrik lainnya juga masih terlihat oleh pengguna termasuk siapa saja yang melihat Story, jumlah komentar di postingan, dan jumlah follower.

"Seberapa banyak likes yang didapat penggguna, atau orang lain, ternyata tidak terlalu mengubah pengalaman dalam hal apa yang orang rasakan atau seberapa banyak mereka mengalami pengalaman itu. Namun, keputusan ini banyak dipertentangkan," kata kepala Instagram Adam Mosseri seperti dikutip TechCrunch.

"Beberapa orang menyukainya, beberapa tidak," lanjutnya.

Tak hanya Instagram, Facebook juga direncanakan akan melakukan uji coba serupa. Belum diketahui lebih lanjut akan berapa lama tes ini berjalan dan kapan fitur ini benar-benar dirilis.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight