Instagram Rilis Checkout Sebagai Fitur Belanja dalam Aplikasi

Oleh: Genda Omaryhara - 20 Maret 2019
Fitur Checkout sejauh ini baru dapat dinikmati pengguna Instagram di wilayah Amerika Serikat.
tirto.id - Instagram, platform media sosial berbasis foto dan video, memperkenalkan fitur Checkout, yang ditujukan untuk aktivitas belanja tanpa perlu meninggalkan aplikasi.

Seperti dijelaskan Instagram di laman resminya dikutip Rabu (20/3/2019), fitur ini akan muncul saat pengguna mengetuk produk dari unggahan akun retailer, e-commerce, atau brand tertentu.

Fitur ini juga menghadirkan opsi memilih varian warna dan ukuran sebelum berlanjut ke tahap pembayaran tanpa perlu meninggalkan aplikasi.

Pengguna sebagai pembeli hanya perlu memasukkan nama, email, informasi penagihan, dan alamat pengiriman saat melakukan Checkout.

Setelah itu, informasi data diri akan disimpan yang diklaim Instagram aman guna kenyamanan saat perbelanjaan berikutnya.

Fitur Checkout juga akan memberikan notifikasi kepada pembeli tentang status pengiriman langsung dari aplikasi sehingga mereka dapat melacak keberadaan barang yang dibelinya.

Sayangnya fitur Checkout saat ini masih dalam versi beta terbatas dan baru tersedia hanya untuk penggunanya di Amerika Serikat.

Saat diperkenalkan, 22 brand telah memanfaatkan fitur ini, di antaranya Adidas, Anastasia Beverly, Hills Burberry, ColourPop, Dior, H&M, HudaBeauty, KKW, Kylie Cosmetics, MAC Cosmetics, Michael Kors, NARS, termasuk Nike.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Genda Omaryhara
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Genda Omaryhara
Editor: Ibnu Azis