Instagram Kembali Uji Coba Fitur Sembunyikan Like di Postingan

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 17 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Instagram melakukan uji coba fitur menyembunyikan like secara global.
tirto.id - Instagram sedang melakukan uji coba fitur yang bisa menyembunyikan like di postingan pengguna. Langkah ini adalah kelanjutan percobaan yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

Dengan banyaknya umpan balik yang masuk, Instagram kali ini memberikan pilihan pada pengguna. Pengguna sendiri yang nantinya memutuskan apakah akan mengaktifkan fitur ini sehingga bisa melihat like di postingan orang lain, atau menonaktifkannya. Pengguna juga bisa mematikan penghitungan like di postingan mereka sendiri.

Ide awal dari pembuatan fitur ini adalah untuk mengurangi anxiety (kecemasan) dan rasa malu pengguna saat konten yang diposting tidak mengumpulkan banyak like. Hal ini makin parah saat berbicara tentang pengguna remaja yang lebih peduli akan apa yang teman-teman mereka pikirkan.

Rebecca VanMeter, asisten profesor marketing di Ball State University mengatakan pada Washington Post, ini merupakan langkah untuk mengatasi kekhawatiran besar akan ketergantungan pada media sosial dan tekanan yang dibawanya untuk menghasilkan foto dan caption yang sempurna.

Ia menambahkan, menyembunyikan like juga bisa mengurangi FOMO (fear of missing out) yang dirasakan sebagian orang.

Dilansir TechCrunch, saat percobaan sebelumnya, tidak semua orang setuju akan penghilangan like. Sebagian mengakui masih menginginkan penghitungan like sehingga mereka bisa melihat apa yang sedang tren.

Apalagi jika menyangkut influencer yang masih menggunakan metrik ini untuk merepresentasikan value mereka di depan klien atau pengiklan.

"Tahun lalu, kami mulai menyembunyikan hitungan like bagi sebagian kecil orang untuk melihat apakah hal ini mengurangi tekanan saat memposting di Instagram," ujar Adam Mosseri, chief Instagram di akun Twitternya.

"Beberapa orang mengatakan ini sangat membantu dan sebagian lainnya masih menginginkan untuk melihat hitungan like, untuk melacak apa konten yang populer," lanjutnya.

Oleh karena itulah di percobaan terbaru ini, Instagram memberikan opsi lebih ke pengguna. TheVerge melaporkan, uji coba yang dimaksud akan diterapkan hanya ke sejumlah kecil pengguna Instagram di seluruh dunia.

Dan tak hanya Instagram, Facebook juga direncanakan akan melakukan uji coba serupa. Belum diketahui lebih lanjut akan berapa lama tes ini berjalan dan kapan fitur ini benar-benar dirilis.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight