Instagram Bikin Pengguna Kepo Susah Stalking, Hapus Tab Following

Oleh: Ibnu Azis - 8 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Instagram akan hapus tab Following pada pekan ini, fitur favorit bagi para pengguna kepo untuk stalking.
tirto.id - Instagram akan menghapus tab Following, yang biasanya dimanfaatkan untuk stalking oleh para pengguna kepo, pada pekan ini. Instagram menyatakan, hilangnya tab Following untuk menyederhanakan media sosial milik Facebook itu.

"Tab [Following] dihapus demi kesederhanaan dan untuk mengurangi fitur yang kebanyakan orang tak tahu bahwa itu ada," ujar Vishal Shah, Kepala Produk Instagram, sebagaimana dikutip dari BuzzFeed News, Selasa (8/10/2019).

Shah mengatakan, banyak pengguna yang tak mengetahui keberadaan tab Following, dan bagi yang mengetahuinya, mereka terkejut lantaran aktivitasnya di Instagram diketahui oleh pengguna lain.

"Tidak semua pengguna mengetahui bahwa aktivitas mereka muncul di [tab Following] permukaan [...] pengguna juga terkejut ketika tahu aktivitas mereka muncul," kata Shah.

Adapun tab Following bisa diakses melalui ikon berbentuk hati di Instagram, baik itu di aplikasi maupun situs web. Di sana ditampilkan dua buah tab lagi, yakni Following dan You.

Bagi para pengguna kepo, mereka di tab Following bisa melihat apa saja yang disukai, dikomentari, oleh akun yang diikuti (following) dalam beberapa jam terakhir. Sementara tab You, hanya memuat aktivitas pengguna sendiri, seperti siapa saja yang memberi like dan komentar.

Melansir 9to5mac, tab Following pertama kali diperkenalkan pada 2011, sebelum kemunculan tab Explore. Tab Following selama ini memicu kontroversi terkait privasi, lantaran banyak pengguna tak menyadari bahwa aktivitas mereka bisa diketahui oleh pengguna lain.

"Instagram harus menghapus tab Following. Sangat menyakitkan ketika orang dekat mengabaikan Anda, tapi mereka sibuk menyukai dan mengikuti orang lain," keluh @DirkMarienfeld di lini masa, satu pengguna Instagram yang mendukung keputusan penghapusan tab Following.

Sebelumnya, kabar bakal hilangnya tab Following di Instagram sudah senter terdengar sejak pekan lalu. Saat itu, perwakilan Instagram berujar kepada News.com.au bahwa lenyapnya tab Following sebagai bagian dari proses uji coba.

Instagram sendiri tak menjelaskan apa tujuan uji coba itu. Diprediksi, tes ini untuk meningkatkan privasi pengguna. Anehnya, tak semua pengguna kehilangan tab Following.

Melansir The Verge, Instagram diam-diam telah melakukan uji coba itu sejak Agustus 2019 untuk pengguna terbatas. Instagram sendiri tak mengatakan pasti kapan tab Following bakal benar-benar lenyap, hanya menggarisbawahi bahwa akan hilang pada pekan ini.

Saat Tirto mengakses tab Following melalui aplikasi Instagram di smartphone Android pada Selasa (8/10) siang, tab itu masih dijumpai atau tak hilang, tetap bersandingan dengan tab You.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight