Advertorial

Inovasi Teknologi Fotografi OPPO

Oleh: Advertorial - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Bagaimana OPPO memengaruhi perkembangan teknologi di industri smartphone
tirto.id - OPPO adalah perusahaan smartphone yang inovatif. Sejak pertama kali meluncurkan produknya ke publik, fitur-fitur OPPO tak jarang memengaruhi perkembangan industri telepon pintar. Menyebut tiga contoh, fitur-fitur populer seperti Beautify Function, Flash Charge, serta Screen Flash Technology lahir dari komitmen OPPO terhadap inovasi.

Sementara dilihat dari sisi fotografi telepon pintar, fitur-fitur berikut menjadi bukti bahwa OPPO tak pernah berhenti mengembangkan teknologinya.

Beauty Selfie

OPPO pertama kali mengenalkan fitur percantik wajah pada kamera depan saat meluncurkan OPPO U Like 2 (2012). Melalui fitur ini, pengguna bisa mendapatkan foto wajah dengan dagu tirus dan kulit lebih halus. Pada 2017, OPPO memasuki era kecerdasan buatan (AI). Pada tahun itu pula fitur percantik wajah pada perangkat R11 dibuat berdasarkan teknologi AI. R11 tercatat sebagai perangkat pertama yang mampu mengenali wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin, usia, warna dan jenis kulit. Pada 2018, lewat produk premium Find X, OPPO kembali menanamkan teknologi 3D Structured Light untuk fitur swafoto cantik dan foto portrait 3 dimensi.

Pure Image Engine

Pure Image Technology pertama kali dirilis pada 2013 lewat perangkat OPPO N1. Setahun kemudian, teknologi tersebut diperbarui ke versi 2.0 melalui perangkat Find 7. Dengan teknologi Pure Image 2.0, OPPO Find 7 secara otomotis dapat menyesuaikan skema warna dengan kondisi saat pengambilan foto. Dikombinasikan dengan teknologi inovatif lain pada Find 7, Pure Image 2.0 juga sanggup menghasilkan foto berkualitas tinggi melalui fitur Ultra HD, serta bisa menggabungkan beberapa foto dalam format HD.

Rotating Camera

Saat diluncurkan ke publik pada 2013, OPPO N1 dilengkapi dengan kamera putar 206°. Kemampuan kamera NI dalam mengambil sudut gambar secara fleksibel menyajikan perspektif baru pada fotografi smartphone. Kamera putar tersebut memiliki desain yang sangat kompleks, terdiri dari 67 komponen gabungan dan mengalami 100.000 kali pengujian untuk menghindari malfungsi.

SmartSensor OIS

Diliris pada MWC 2016, OPPO SmartSensor Optical Image Stabilization (OIS) dibuat menggunakan sistem antiguncang dengan 3 sumbu. Sistem antiguncang ini berbasis pada sensor, bukan pada lensa seperti yang digunakan smartphone lain di pasaran. Keunggulan SmartSensor OIS: meningkatkan akurasi, tidak boros baterai, dapat mengambil gambar dengan lebih jelas dan lebih cepat.

Dual PDAF

Saat merilis R9 pada 2016 lalu, OPPO mengenalkan sensor IMX 398 yang dikembangkan bersama Sony. Dikembangkan bersama, sensor tersebut mengadopsi sitem dual PDAF untuk menggandakan kemampuan focusing masing–masing pixel. Hasilnya: IMX 398 dapat meningkatkan kecepatan akurasi fokus hingga 40% serta mengurangi resiko pemotretan dengan hasil buram.

Dual 20MP Front and Rear Camera

Pada 2017, resolusi kamera depan dan kamera utama OPPO R11 ditingkatkan menjadi 20 Megapixel. Tak hanya itu, spesifikasi kamera utama juga ditingkatkan menjadi kamera ganda dengan kombinasi 16 Megapixel kamera wide angle serta 20 Megapixel kamera telefoto. Sementara kamera depan dilengkapi dengan 20 Megapixel lensa wide angle.

Ultra Night Mode

Pada 2018, lewat perangkat R17 Pro, OPPO meluncurkan fitur Ultra Night Mode. Kombinasi antara lensa berdiafragma ganda F/1.5 dan F/2.4 serta sistem penstabilan gambar (Image Stabilization) OIS memungkinkan pengguna memperoleh foto yang terang, tajam dan kaya warna dalam sekali sentuh.

5x Lossless Zoom

Dikenalkan di ajang MWC 2017, teknologi 5x Lossless Zoom memadukan mekanisme zoom berbasis periskop, kamera ganda, dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi. Terobosan kamera zoom dengan teknologi tinggi ini, hebatnya, diterapkan pada smartphone berbodi tipis.

10x Lossless Zoom

Teranyar, dalam gelaran MWC 2019, OPPO akan mengumumkan kehadiran teknologi 10x lossless zoom yang mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih, serta lensa telefoto yang mampu mengambil foto jarak jauh bersudut lebar pada satu perangkat. OPPO juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut sehingga perangkat 10x Lossless Zoom akan menghasilkan gambar yang lebih jernih, lebih tajam, serta minim blur.
DarkLight