Ingin Mulai Kompetisi, BWF Hadapi Larangan Perjalanan Internasional

Oleh: Oryza Aditama - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Penghentian seluruh turnamen badminton internasional termasuk juga seri kejuaraan World Tour oleh BWF telah diberlakukan sejak 16 Maret lalu.
tirto.id - Keinginan BWF untuk membuka kembali turnamen badminton internasional yang saat ini sedang ditangguhkan akibat pandemi corona terbentur larangan perjalanan internasional. Hal ini diutarakan oleh Thomas Lund selaku Sekjen BWF, Selasa (5/5/2020).

“Kami telah bersiap untuk memulai kompetisi sesegera mungkin. Hal ini termasuk juga memformulasikan kalender turnamen BWF yang telah direvisi untuk tahun 2020. Pengumuman mengenai akan segera disampaikan,” ujar Thomas Lund dikutip dari AFP.

“Tetapi untuk saat ini, sangat sulit untuk memprediksi kapan larangan keluar-masuk pergerakan internasional akan dicabut oleh masing-masing negara demi menjamin para pemain, tim pendamping, ofisial, dan staf, dapat berpartisipasi dalam turnamen dengan aman,” lanjutnya.

Berdasar pengumuman resmi mereka, saat ini BWF baru sebatas merilis jadwal penyelenggaraan Piala Thomas-Uber yang akan digelar 3-11 Oktober 2020, di Aarhus, Denmark.

“BWF dan Badminton Denmark mengonfirmasi bahwa TOTAL BWF Thomas & Uber Cup Finals 2020 di Aarhus, Denmark, memiliki jadwal baru pada 3-11 Oktober 2020,” tulis BWF dalam pengumuman resmi mereka pada 29 April 2020 lalu.

Jadwal tersebut merupakan perubahan yang kedua, karena Piala Thomas-Uber 2020 yang semula direncanakan pada 16-24 Mei sebenarnya telah mengalami penundaan menjadi 15-23 Agustus lataran terdampak pandemi global.

Namun panitia terpaksa kembali menggeser jadwal hingga Oktober, sebagai imbas dari perpanjangan periode larangan kegiatan pemicu keramaian yang diberlakukan oleh otoritas Denmark.

“Menyusul keputusan pemerintah Denmark pada 6 April 2020 yang memperpanjang larangan bagi ‘perkumpulan besar’ hingga akhir Agustus, kedua pihak sepakat bahwa tidak memungkinkan menggelar kejuaraan sesuai jadwal [sebelumnya] pada 15-23 Agustus,” jelas BWF.

Sementara itu, penghentian seluruh turnamen badminton internasional termasuk juga seri kejuaraan World Tour oleh BWF mulai diberlakukan sejak 16 Maret lalu, atau tepat satu hari selepas berakhirnya ajang All England Open 2020 di Birmingham, Inggris.

Sedangkan daftar seri turnamen BWF World Tour 2020 yang sejauh ini terpaksa ditangguhkan atau ditunda akibat pandemi COVID-19 ialah Swiss Open, India Open, Malaysia Open, Singapore Open, New Zealand Open, Australian Open, Thailand Open, dan Indonesia Open.


Baca juga artikel terkait BADMINTON atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight