Inggris Setujui Mekanisme Informal Perdagangan dengan ASEAN

Oleh: Mutaya Saroh - 3 Februari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Menteri Perdagangan Inggris Liam Fox menyampaikan pentingnya negara-negara ASEAN menjadi bagian dalam upaya Inggris untuk mendorong perdagangan bebas.
tirto.id - Dalam pertemuan ASEAN London Committee atau Komite Negara-Negara ASEAN di London, Menteri Perdagangan Inggris Liam Fox menyampaikan pentingnya negara-negara ASEAN menjadi bagian dalam upaya Inggris untuk mendorong perdagangan bebas.

"ASEAN merupakan bagian penting dalam upaya global engagement Inggris dalam mendorong perdagangan bebas. Pihak Inggris dapat menyetujui pembentukan mekanisme informal dengan ASEAN untuk pembahasan kerja sama perdagangan," ujar Menteri Liam Fox, seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/2/2017).

Sementara itu, Dubes RI di London Rizal Sukma mengatakan hal yang hampir serupa, Menurutnya saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Inggris membahas dan mengeksplorasi peluang kerja sama secara bilateral dengan negara-negara ASEAN maupun secara regional.

Dalam pertemuan itu, Dubes RI Rizal Sukma bersama dengan seluruh kepala perwakilan negara ASEAN di Inggris membahas usulan pembentukan mekanisme informal antara ASEAN dan Inggris guna membahas kerjasama perdagangan.

Dubes Rizal Sukma memandang Brexit bisa menjadi peluang baru bagi Inggris untuk mengembangkan hubungan dengan negara-negara ASEAN di bidang perdagangan dan bisnis.

“Setelah Brexit, ASEAN dan Inggris dapat membentuk mekanisme informal untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk kerja sama perdagangan,” kata Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani mewakili pernyataan resmi Dubes RI di London kepada Antara London, Jumat, (3/2/2017).

Selain isu perdagangan, pertemuan juga mendiskusikan sejumlah sektor lainnya yang dapat difokuskan dalam kerja sama antara ASEAN dan Inggris seperti diantaranya sektor jasa, pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

ASEAN London Committee dibentuk sejak tahun 1978 dan beranggotakan seluruh perwakilan negara-negara ASEAN di London. Komite ini merupakan bagian dari ASEAN Committee in Third Countries and International Organizations (ACTCs) yang tersebar di 50 negara. Ketua komite diduduki secara bergilir setiap enam bulan oleh kepala perwakilan negara-negara ASEAN.

Pertemuan antara ASEAN London Committee periode Juli 2016 - Januari 2017 dengan Menteri Perdagangan Inggris ini bertujuan untuk membahas peningkatan kerja sama perdagangan antara ASEAN dan Inggris setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa. Pertemuan yang dihadiri oleh seluruh kepala perwakilan negara-negara ASEAN di London kali ini dipimpin oleh Dubes RI London Rizal Sukma. Dubes RI dalam pertemuan itu didampingi oleh Sekretaris Kedua Fungsi Ekonomi, Atu Yudhistira Indarto.

Sementara Menteri Perdagangan Inggris, Liam Fox MP didampingi Utusan Perdana Menteri Inggris untuk Komunitas Ekonomi ASEAN, Richard Graham MP, dan sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan Inggris.

Baca juga artikel terkait PERDAGANGAN BEBAS atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh