Info Vaksin Booster Kota Bogor 21-23 Mei 2022 di Mall Botani Square

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 21 Mei 2022 07:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bekerja sama dengan Mall Botani Square, Dinkes Kota Bogor akan membuka Sentra Vaksinasi COVID-19 pada tanggal 19-23 Mei 2022.
tirto.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor bekerja sama dengan Mall Botani Square akan kembali menggelar Sentra Vaksinasi COVID-19. Sentra vaksinasi tersebut digelar mulai Kamis, 19 Mei hingga Senin, 23 Mei 2022 mendatang.

Sentra vaksinasi merupakan program Dinkes Kota Bogor yang ditujukan dalam usaha mengurangi penyebaran COVID-19. Meskipun kondisi pandemi COVID-19 saat ini sudah lebih membaik, vaksinasi harus tetap dilakukan supaya virus benar-benar lenyap dari Indonesia.

Sentra vaksinasi di Mall Botani Square bertempat di Lantai Ground New Area (Depan Farmers Market). Pemberian vaksin COVID-19 akan dilayani mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Jenis vaksin yang disalurkan mulai dari Dosis 1, 2, dan booster (Dosis 3). Berikut ini beberapa jenis vaksin yang ada dalam Sentra Vaksinasi COVID-19 Mall Botani Square:

  • Pfizer: Dosis 1 dan 2 untuk usia 12-18 tahun
  • Pfizer: Dosis 1, 2, dan 3 untuk usia 18 tahun ke atas
  • Astrazeneca: Dosis 1, 2, dan 3 untuk usia 18 tahun ke atas


Pendaftaran Vaksin Booster di Mall Botani Square & Syaratnya


Pendaftaran vaksinasi di Sentra Vaksinasi COVID-19 Mall Botani Square dapat dilakukan secara online maupun on the spot (langsung di tempat). Bagi calon peserta vaksin yang ingin melakukan pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui link bit.ly/DaftarVaksin_DinkesKotaBogor.

Selain mendaftar secara online, peserta juga diharuskan membawa sejumlah dokumen persyaratan ke lokasi vaksinasi. Dilansir dari kanal Instagram Botani Square Mall, berikut ini beberapa dokumen yang harus dibawa oleh peserta vaksinasi di Sentra Vaksinasi COVID-19 Mall Botani Square tanggal 19-23 Mei 2022:

  1. Fotokopi KTP/Kartu keluarga (KK);
  2. Lembar kartu kendali yang dapat di-download di website Dinkes Kota Bogor;
  3. Bagi peserta dosis 2 dan 3 menunjukkan kartu vaksin, sertifikat vaksin, dan/atau tiket vaksin dari PeduliLindungi.

Efek Samping Vaksin Booster


Efek samping setelah suntikan kedua mungkin lebih intens daripada yang dialami setelah suntikan pertama. Efek samping ini adalah tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan dan akan hilang dalam beberapa hari.

Pada penerima vaksin booster, efek samping yang dilaporkan setelah mendapatkan booster serupa dengan yang terjadi setelah dua dosis atau dosis tunggal sebelumnya. Beberapa efek yang dirasakan adalah demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri di tempat suntikan.

Secara keseluruhan, sebagian besar efek sampingnya ringan hingga sedang. Meski efek samping yang dilaporkan sebagian besar ringan hingga sedang, efek serius tetap mungkin terjadi.

Semua vaksin booster memiliki efek samping yang sama, baik dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer maupun Zifivax.



Baca juga artikel terkait VAKSIN BOOSTER atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yonada Nancy

DarkLight