Info Vaksin Booster Depok 14 Oktober 2022 di Dmall dan Syaratnya

Kontributor: Yunita Dewi, tirto.id - 11 Okt 2022 12:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lokasi vaksinasi berada di Lantai 3 Dmall Depok. Jadwal penyuntikan vaksin mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dan jenis vaksin yang disediakan ialah Pfizer.
tirto.id - Dinas Kesehatan Kota Depok bekerja sama dengan Dmall Depok akan menyelenggarakan layanan vaksinasi dosis 3 atau booster pada Jumat, 14 Oktober 2022 yang dibuka untuk masyarakat umum.

Vaksinasi tersebut juga melayani vaksin dosis 1 dan 2 bagi masyarakat yang belum mendapatkan.

Adapun, lokasi vaksinasi berada di Lantai 3 Dmall Depok. Jadwal penyuntikan vaksin mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dan enis vaksin yang disediakan ialah Pfizer.


Bagi masyarakat yang telah mendapatkan tiket vaksinasi dosis 3 di aplikasi PeduliLindungi, bisa mendatangi faskes terdekat untuk mendapatkan vaksinasi.

Penerima vaksinasi dosis 3 adalah mereka yang telah menerima dosis 1 dan 2 minimal 3 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

Sebagaimana yang dilansir dari unggahan Instagram resmi @dinkeskotadepok, berikut persyaratan vaksinasi yang perlu diperhatikan:

1. Membawa satu lembar fotokopi KTP atau Kartu Keluarga (salah satu)

2. Membawa alat tulis pribadi

3. WNI KTP Kota Depok, Non Kota Depok, dan Warga Negara Asing

4. Bagi penerima vaksinasi Covid-19 dosis 3 berusia 18 tahun ke atas


5. Telah divaksinasi dosis-2 dengan jarak tiga bulan atau lebih

6. Menunjukkan e-tiket vaksinasi dosis 3, serta sertifikat vaksinasi dosis 1 & 2 melalui aplikasi PeduliLindungi

7. Walk In/ pendaftaran secara langsung dilayani pada pukul 13.00 WIB ke atas (selama kutoa vaksin masih tersedia).

Selain itu, pendaftaran vaksinasi juga dapat dilakukan secara online melalui tautan formulir pada link ini: linktr.ee/vaksindmall.

Efek Samping Vaksin Booster



Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan dalam pemantauan mereka, efek samping umumnya terjadi dalam waktu enam minggu setelah menerima dosis vaksin.

Efek samping setelah suntikan kedua mungkin lebih intens daripada yang dialami setelah suntikan pertama. Efek samping ini ialah tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan dan akan menghilang dalam beberapa hari.

Pada penerima vaksin booster, efek samping yang dilaporkan serupa dengan yang terjadi setelah dua dosis atau tunggal sebelumnya.

Sejumlah efek yang akan dirasakan adalah demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri di tempat suntikan. Secara keseluruhan, sebagian besar efek sampingnya ringan hingga sedang.

Meski efek samping yang dilaporkan mayoritas ringan hingga sedang, efek serius kemungkinan tetap terjadi. Semua vaksin booster memiliki efek samping yang sama, baik Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, maupun Zififax.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah menerima vaksinasi:

• Kompres bekas suntikan dengan waslap yang bersih, dingin, dan basah di atas area tersebut.

• Meski akan terasa ngilu, jangan ragu untuk tetap menggunakan dan melatih lengan supaya terasa lebih rileks.


Baca juga artikel terkait VAKSIN BOOSTER DEPOK atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight