PPPK Kemdikbud 2021

Info PPPK Kemendikbud Terkini: Hasil Sanggah I Diundur dan Cara Cek

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 26 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman Hasil Sanggah I dan Pemilihan Formasi II pada rekrutmen PPPK Guru 2021 ditunda sampai ada jadwal revisi selanjutnya.
tirto.id - Pengumuman Hasil Sanggah I untuk rekrutmen PPPK Guru 2021 mengalami penundaan. Pengumuman yang semula diagendakan untuk disampaikan pada 20 Oktober 2021, diundur hingga hadirnya jadwal terbaru.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani lewat akun Instagram pribadi miliknya @nunuksuryani.

"Pengumuman hasil sanggah 1 dan pemilihan formasi II mengalami kemunduran," kata Nunuk di unggahan tersebut, Sabtu (23/10/2021).

Selanjutnya, Nunuk menambahkan, "Revisi jadwal dan Hasil Sanggah I nantinya akan diumumkan melalui portal resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id."

Penundaan pengumuman Hasil Sanggah I berimbas pula pada mundurnya jadwal Pengumuman dan Pemilihan Formasi II. Pemilihan Formasi II awalnya akan dibuka pada 24-30 Oktober 2021.

Sementara itu, pada Seleksi Kompetensi Tahap I rekrutmen PPPK Guru 2021, sejumlah 173.329 guru honorer dinyatakan lolos.

Mereka akan diangkat menjadi guru PPPK. Jumlah tersebut setara dengan 53,7 persen dari kuota 322.665 formasi guru yang diperebutkan.

Kendati demikian, bagi guru honorer yang gagal di Seleksi Kompetensi I diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggah apabila tidak puas dengan hasil seleksi.

Melalui sanggah, peserta masih memungkinkan diterima apabila terbukti ada kesalahan yang memengaruhi hasil seleksi dengan penyebab bukan dari peserta.

Oleh sebab itu, pengumuman Hasil Sanggah I cukup dinantikan peserta yang mengajukan sanggah meski tidak otomatis ajuan tersebut lolos. Namun, saat peserta memang dinyatakan belum lolos, masih ada kesempatan mengikuti Seleksi Kompetensi Tahap II dan Tahap III.

Peserta bisa mengikuti dua kali ujian di tahun yang sama dan tahun berikutnya.

Cara Cek Hasil Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021


Hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 telah dirilis 8 Oktober 2021. Pengumuman dilakukan secara daring dan dapat diakses melalui situs Guru PPK Kemdikbud.

Hasil seleksi berbentuk file PDF dan memuat semua dokumen dari setiap provinsi di Indonesia.

Cara mengeceknya sebagai berikut:

1. Buka laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/seleksi_p3k_tahap_1/index.php/home/hasil

2. Pilih provinsi sesuai pilihan formasi yang dilamar

3. Klik "Unduh Hasil Seleksi Tahap 1"

4. Tampilan segera diarahkan pada halaman index

5. Klik pilihan kota dan/atau kabupaten sesuai formasi yang dilamar

6. Dokumen hasil Seleksi Kompetensi Tahap I tampil otomatis di halaman

7. Klik "Download" atau ikon unduh di pojok kanan atas halaman untuk menyimpan dokumen.


Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight