Vaksin Covid-19 Bekasi 2022

Info Lokasi Vaksin Booster Bekasi 24-28 Mei 2022 & Syarat-syaratnya

Penulis: Abdul Hadi - 23 Mei 2022 13:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Info lokasi vaksin booster Covid-19 Bekasi 24 - 28 Mei 2022 di Puskesmas Sukamahi dan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bekasi.
tirto.id - Info vaksin booster Bekasi mulai Selasa, 24 Mei hingga Sabtu, 28 Mei 2022 disampaikan sejumlah layanan kesehatan. Dalam 4 hari ke depan, terdapat 2 titik lokasi vaksinasi booster Covid-19 yang diselenggarakan Puskesmas Sukamahi dan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bekasi.

Berbeda dari vaksin dosis 1 dan 2 yang dapat diberikan kepada anak-anak dan remaja, saat ini vaksin booster hanya boleh diberikan pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Kelompok inilah yang menjadi prioritas penerima vaksin dosis ketiga tersebut, sebagaimana dilansir Kemenkes.

Vaksinasi booster diberikan pada penerima vaksin dosis kedua dengan interval 3 bulan sejak penyuntikan. Ketika mendatangi lokasi vaksin, masyarakat harus menunjukkan sertifikat vaksin dari platform PeduliLindungi.

Untuk memperoleh vaksin booster di dua lokasi di atas, vaksin 1 dan 2-nya juga harus bukan vaksin Sinopharm, Moderna, dan bukan vaksin di luar negeri. Sebab, jenis vaksin yang disebutkan tadi tidak sesuai dengan jenis vaksin booster yang disediakan Puskesmas Sukamahi dan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bekasi.

Ketika akan menerima vaksin booster Covid-19, masyarakat harus bersiap-siap mengalami efek samping injeksi tersebut. Usai disuntik, terdapat beberapa efek yang mungkin dirasakan, mulai dari demam, sakit kepala, kelelahan, hingga nyeri di lokasi suntikan.

Efek samping suntikan booster bisa jadi lebih intens daripada efek suntikan pertama atau kedua. Efek samping itu merupakan respons normal tubuh yang sedang membangun imunitas dan akan hilang dalam beberapa hari.

Kendati efek samping yang dilaporkan sebagian besar ringan hingga sedang, efek serius tetap mungkin terjadi. Semua vaksin booster memiliki efek samping yang sama, baik dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer maupun Zifivax.


Syarat dan Lokasi Vaksin Booster di Bekasi 24-28 Mei 2022


Untuk mengikuti vaksinasi booster Covid-19 di Bekasi, terdapat 2 titik lokasi yang dapat didatangi pada 24-28 Mei 2022.

Dua titik lokasi dapat dilihat di tabel berikut:

Lokasi Hari Waktu
UPTD Puskesmas Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi Selasa - Sabtu 08.00 - 10.00 WIB
Gate 09, Stadion Patriot Chandrabaga Selasa - Sabtu 08.00 - 15.00 WIB

Syarat-syarat mengikuti vaksin booster Covid-19 pada dua lokasi di atas adalah sebagai berikut:

  1. Calon penerima vaksin booster harus dalam keadaan sehat.
  2. Sarapan atau makan sebelum divaksin booster.
  3. Membawa fotokopi KTP atau KK.
  4. Membawa pulpen atau alat tulis pribadi.
  5. Membawa kartu vaksin atau menunjukkan sertifikatnya melalui aplikasi PeduliLindungi.
  6. Memiliki tiket vaksin booster atau dosis ke-3 sebagaimana tertera di aplikasi PeduliLindungi.
  7. Jika calon penerima vaksin memiliki komorbid berat atau penyandang disabilitas, ia wajib membawa rekomendasi dokter bahwa diizinkan menerima vaksin.


Vaksin Dosis 1 dan 2 di Puskesmas Sukamahi, Cikarang Pusat


Selain menyediakan vaksinasi booster Covid-19, Puskesmas Sukamahi, Cikarang Pusat juga mengadakan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2.

Bagi calon penerima vaksin 1 atau 2 yang berusia di bawah 12 tahun akan memperoleh vaksin Sinovac, sementara sisanya sesuai dengan ketersediaan dosis, baik itu Pfizer atau AstraZeneca.

Masyarakat yang bermaksud melakukan vaksinasi dapat mendatangi salah satu dari 2 lokasi di atas dan mendaftarkan diri langsung di tempat untuk divaksin.


Baca juga artikel terkait INFO VAKSIN BEKASI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight