Info GTK Terbaru dan Cara Daftar Program Guru Penggerak Angkatan 5

Oleh: Yonada Nancy - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Bagi GTK yang mau mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, bisa daftar secara online di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.
tirto.id - Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 telah resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, hari ini (14/10/2021). Pembukaan diselenggarakan melalui siaran langsung di Youtube Ditjen GTK Kemendikbud RI.

"Dengan sambutan ini secara resmi saya membuka Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan keempat. Mari bergerak serentak untuk mewujudkan merdeka belajar," kata Nadiem.

Dalam rilis di @Ditjen.GTK.Kemendikbud terdapat total 8.053 calon guru penggerak, 1.641 pengajar praktik, dan 549 fasilitator yang akan berpartisipasi dalam Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4. Seluruh partisipan tersebut dijaring melalui rekrutmen yang berlangsung pada Mei 2021 lalu.

Calon Guru Penggerak angkatan 4 akan mengikuti serangkaian pendidikan dan pelatihan selama 9 bulan kedepan. Direktur Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan Ditjen GTK Kemenristekdikti, Praptono, menyebutkan kegiatan Pendidikan calon Guru Penggerak angkatan 4 akan berlangsung hingga tahun anggaran 2022.

"Mulai hari ini, 14 Oktober 2021 dan nanti akan berakhir pada tahap 1 di bulan Desember 2021 untuk menyelesaikan modul paket satu, Di tahun anggaran 2022 akan dilanjutkan masa pendidikan tujuh bulan berikutnya," terang Praptono dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Praptono menjelaskan tiga paket modul yang akan dipelajari oleh para calon guru penggerak. Ketiga paket modul tersebut meliputi:
  • Paket Modul 1 mengenai paradigma dan visi guru penggerak
  • Paket Modul 2 mengenai praktik pembelajaran yang berpihak pada anak
  • Paket Modul 3 mengenai pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sekolah
Program Pendidikan Guru Penggerak ditunjukkan bagi guru dan tenaga kerja kependidikan (GTK) yang ingin mengembangkan kompetensi khususnya di bidang kepemimpinan.

Dengan dijalankannya program Pendidikan Guru Penggerak ini, diharapkan akan ada lebih banyak GTK yang mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.

Pemerintah telah menyelenggarakan program Pendidikan Guru Penggerak sejak 2020. Pada Agustus 2021 lalu, program ini telah sukses meluluskan Guru Penggerak angkatan 1.

Cara ikut Pendidikan Guru Penggerak



Saat ini, pelaksanaan program Pendidikan Guru Penggerak telah memasuki angkatan 4 dan menuju rekrutmen angkatan 5. Terdapat dua program yang dibuka dalam rekrutmen angkatan 5, yaitu calon guru penggerak dan calon pengajar praktik.

Pendaftaran untuk calon guru penggerak angkatan 5 telah dibuka sejak 4 hingga 29 Oktober 2021. Sementara, pendaftaran untuk calon pengajar praktik dibuka pada 4 hingga 22 Oktober 2021.

Bagi GTK yang berminat mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, dapat mendaftarkan diri secara online melalui https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Untuk mendaftar program Pendidikan Guru Penggerak, calon pendaftar dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Melalui browser buka laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
  • Pada menu utama klik "Unduhan" untuk mengunduh sejumlah dokumen yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran. Dokumen yang dibutuhkan antara lain Surat Rekomendasi dan Surat Dukungan.
  • Klik masing-masing dokumen untuk menyimpannya secara otomatis di perangkat. Kemudian isi dan lengkapi dokumen-dokumen tersebut.
  • Scan atau foto dokumen pendukung dan ubah ke format PDF dengan ukuran maksimal 1,5MB agar bisa diunggah saat proses registrasi.
  • Scan KTP dengan ukuran maksimal 20 - 1,5 MB
  • Kembali ke laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
  • Klik "Masuk" untuk menuju ke laman login
  • Masukkan email dan kata sandi SIMPKB, kemudian klik "Masuk."
  • Pendaftar otomatis akan masuk ke beranda pendaftaran Guru Penggerak.
  • Lengkapi curriculum vitae (CV) dengan data diri, pengalaman, dan prestasi pendaftar. Kelengkapan CV ini termasuk mengunggah dokumen penting, yaitu scan Surat Rekomendasi, Surat Dukungan, dan KTP. Pastikan untuk melengkapi CV dalam 1x24 jam.
  • Lengkapi kotak esai di halaman utama. Klik "Mulai Pengerjaan" lalu isi seluruh pertanyaan esai yang telah disediakan dalam 2 jam 30 menit. Jika sudah klik "Kirim"
  • Lakukan tes bakat skolastik sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Pastikan untuk selalu memantau kotak masuk email untuk memperoleh informasi terkait tes bakat skolastik tersebut.
  • Pendaftaran secara online telah selesai dilakukan. Peserta yang lolos akan mengikuti tahap seleksi simulasi mengajar dan seleksi wawancara.

Baca juga artikel terkait INFO GTK atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight