Info Bantuan Pemerintah 2022 untuk PKL-Nelayan & Jadwal Penyaluran

Penulis: Addi M Idhom - 17 Mar 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bantuan tunai Rp600 ribu per orang akan diberikan oleh pemerintah pada 2,76 juta PKL dan nelayan, pada 2022.
tirto.id - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung pada tahun 2022. Berbeda dari tahun sebelumnya, kategori kelompok penerima kini ditambah. Selain PKL serta pemilik warung, nelayan juga masuk dalam kategori penerima bantuan.

Oleh sebab itu, di tahun 2022, nama program bantuan tersebut menjadi BT-PKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan). Sebelumnya, ia disebut BT-PKLW.

Bantuan langsung tunai BT-PKLWN 2022 diberikan dengan nilai Rp600.000 per orang. Total penerima bantuan ini sejumlah 2,76 juta orang. Dari jumlah itu, 1 juta penerima merupakan PKL dan pedagang warung, sementara 1,76 juta lainnya adalah nelayan.

"Khusus untuk nelayan, ini adalah program pertama di tahun 2022 yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia," kata Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip dari siaran pers Kemenko Perekonomian pada Senin (14/3/2022) lalu.

Adapun kriteria nelayan yang menerima bantuan ini adalah pelaku usaha kelautan dan perikanan dari kalangan nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal dan nelayan pemilik kapal berkapasitas kurang dari 5 GT (Gross Tonase).

Para PKL, pemilik warung, dan nelayan yang akan menjadi penerima bantuan Rp600.000 di program BT-PKLWN 2022 tersebar di 212 kabupaten/kota. Daerah-daerah itu masuk dalam Roadmap Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 0% pada tahun 2024.

Penyaluran bantuan BT-PKLWN 2022 melibatkan TNI dan POLRI. Airlangga mengklaim pelibatan TNI dan POLRI dalam penyaluran bantuan ini untuk mencegah adanya duplikasi penerima.

"Pemerintah berkepentingan agar bantuan ini dapat diterima oleh penerima manfaat secara langsung yang benar-benar berhak sehingga pemerintah menugaskan TNI-POLRI untuk melakukan pendataan dan penyaluran bantuan ke masyarakat," ujar Airlangga.

Merujuk data Kemenko Perekonomian, TNI dan POLRI masing-masing bertugas menyalurkan bantuan ke 106 kabupaten/kota. Penyaluran bantuan memanfaatkan Sistem Informasi BT-PKLWN POLRI dan Sistem Informasi BT-PKLWN TNI.


Jadwal Penyaluran Bantuan BT-PKLWN 2022

Penyaluran bantuan BT-PKLWN sudah mulai dilakukan pada bulan Maret 2022. Salah satu daerah pertama yang mulai menerima bantuan ini adalah Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Program BT-PKLWN 2022 telah di-launching pada 14 Maret 2022 di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Diharapkan pelaksanaan program ini paling lambat selesai dalam 4 bulan ke depan," kata Airlangga pada Selasa (15/3) kemarin.

Dengan demikian, sesuai dengan keterangan Airlangga di atas, penyaluran bantuan di program BT-PKLWN 2022 direncanakan berlangsung pada bulan Maret hingga Juni 2022.

Baca juga artikel terkait BANTUAN PEMERINTAH atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Yantina Debora

DarkLight