Timnas Indonesia

Indra Sjafri Bukan Lagi Asisten Pelatih Shin Tae-yong di Timnas?

Oleh: Iswara N Raditya - 17 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Indra Sjafri tidak muncul di pemusatan latihan Timnas Indonesia senior yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.
tirto.id - Ketidakhadiran Indra Sjafri di pemusatan latihan atau Training Centre (TC) Timnas Indonesia senior yang dipimpin oleh Shin Tae-yong selaku pelatih kepala memunculkan banyak pertanyaan sekaligus spekulasi. Apakah Indra Sjafri bukan lagi sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia?

Sejak hari pertama pemusatan latihan Timnas Indonesia yang digelar mulai 14 Februari 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Indra Sjafri sama sekali belum pernah menampakkan diri. Beredar rumor bahwa telah terjadi perselisihan antara eks pelatih Timnas Indonesia U23 dan U19 itu dengan Shin Tae-yong.

Untuk meredam spekulasi tersebut, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI memberikan penjelasan secara langsung terkait Indra Sjafri. Menurut Iwan Bule, Indra Sjafri saat ini ditugaskan untuk membantu Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

“Direktur Teknik PSSI Danurwindo saat ini sudah cukup sepuh sehingga kami meminta bantuan dari pelatih Indra [Sjafri],”kata Iwan Bule di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (17/2/2020).

“Mobilitas Direktur Teknik Danurwindo kurang, padahal kami harus berkeliling mengecek para pemain termasuk Garuda Select di Birmingham, Inggris, dan lain-lain termasuk latihan Timnas U16, U19, U23 dan senior. Jadi kami memerlukan pelatih Indra Sjafri untuk bersama kami,” imbuhnya.

Namun, dikatakan oleh Iwan Bule, posisi baru Indra Sjafri ini belum disahkan oleh PSSI. Mantan Kapolda Jawa Barat ini juga tidak menegaskan bahwa hingga saat ini, Indra Sjafri masih tercatat sebagai asisten pelatih yang membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

“Tadi kami sudah menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco). Berikutnya, kami tinggal memutuskan bergabungnya Indra Sjafri bersama kami. Untuk saat ini pelatih Indra Sjafri masih berada di timnas Indonesia,” beber Iwan Bule.


Indra Sjafri memang masuk dalam jajaran staf pelatih Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong. Berbeda dengan Fakhri Husaini yang secara tegas menyatakan tidak bersedia menjadi asisten pelatih timnas, Indra Sjafri saat itu mengatakan ingin belajar banyak dari Shin Tae-yong, pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

"Dia [Shin Tae-yong] pelatih yang punya pengalaman di Piala Dunia. Banyak hal yang bisa kami pelajari darinya. Selain itu, saya pun akan mengerahkan semua kemampuan untuk membangun timnas," kata Indra Sjafri saat itu, dikutip dari Goal.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight