Indra Sjafri Belum Pastikan Nasib Todd Rivaldo Ferre di Timnas U-23

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 6 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Indra Sjafri belum bisa menjamin nama penggawa belia Persipura, Todd Rivaldo Ferre akan diikutsertakan dalam skuat Timnas U-23 di SEA Games di Filipina.
tirto.id - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri belum bisa menjamin nama penggawa belia Persipura, Todd Rivaldo Ferre akan diikutsertakan dalam skuat yang bakal berpartisipasi pada SEA Games di Filipina, pada Desember mendatang.

“Saya sebagai pelatih menentukan pemain enggak bisa sendiri. Skill pemainnya mungkin saya bisa, kemampuan taktikal mungkin saya bisa dengan tim teknis, fisik bisa saya dengan pelatih fisik saya, mental juga bisa. Tapi kalau masalah medis, saya enggak punya kapasitas untuk menjelaskan," kata Indra, di Hotel Sultan, Rabu (6/11/2019).

Todd sempat docoret dan dipulangkan ke klub asalnya, Persipura Jayapura karena dokter timnas menilai si pemain mengalami cedera. Tapi belakangan klaim tersebut diragukan karena nyatanya Todd terlihat bugar dan bisa dimainkan di beberapa laga terakhir Liga 1.

Saat diklarifikasi mengenai situasi itu, Indra membantah tudingan klaim cedera yang disampaikan dokter timnas cuma mengada-ada.

"Saya tahu benar sakit itu, tapi mohon maaf saya tidak punya kapasitas untuk menjelaskan," kata dia.

Alih-alih dianggap mencoret secara sepihak, Indra justru mengkritik kebijakan Persipura yang tetap memainkan Todd meski kondisinya tidak prima.

"Sekarang kan yang banyak jadi permasalahan, kenapa dia main di klub kalau memang dia sakit? Tanyakan saja ke klub, kenapa dia dimainin juga,” kata dia.

“Saya sebagai pelatih sangat was-was kalau pemain yang dinasihatkan dokter jangan dia bermain dulu, terus saya paksa bermain. Saya takut peristiwa seperti Alfin [pemain timnas U-16 yang pekan lalu meninggal karena penyakit] kemarin terulang. Paham maksud saya?," tegas Indra.

Indra lantas mengklaim telah bersurat ke Persipura untuk menanyakan perkembangan kondisi Todd.

Kendati waktu menuju SEA Games sudah mepet, dia sendiri tak menutup kemungkinan Todd bisa dipanggil andai kata kondisi medisnya memang benar-benar aman.

Skuat Timnas U-23 rencananya bakal bertolak ke Bali untuk melakoni pemusatan latihan dan uji tanding pada 11 sampai 15 November 2019 mendatang. Pada pekan terakhir November, mereka baru akan diagendakan bertolak ke Manila, Filipina, lokasi yang jadi tempat dihelatnya SEA Games 2019.

Jelang pesta olahraga negara Asia Tenggara itu, dukungan untuk skuat asuhan Indra terus mengalir, termasuk dari Ketua Umum baru PSSI, Iwan Bule yang mengunjungi Saddil Ramdani dan kawan-kawan di Hotel Sultan, Rabu (6/11/2019) hari ini.



"Secara mental, mereka memiliki mental yg cukup tinggi untuk bermain maksimal. Mohon doanya dari masyarakat Indonesia agar mereka bisa tampil maksimal sehingga mampu memenuhi harapan publik," kata Iwan setelah kunjungan tersebut.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight