SEA Games 2019

Indonesia vs Laos 4-0: Timnas U23 Fokus ke Semifinal Lawan Myanmar

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas U23 Indonesia vs Laos berakhir dengan skor 4-0. Indonesia lolos ke semifinal untuk menghadapi Myanmar.
tirto.id - Pertandingan Grup B cabang sepakbola putra SEA Games 2019 antara Timnas U23 Indonesia vs Laos berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Garuda Muda. Timnas Indonesia U23 pun dipastikan lolos ke semifinal. Pelatih Indra Sjafri langsung fokus menatap laga Indonesia vs Myanmar.

Bermain di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019), Timnas Indonesia U23langsung unggul cepat pada menit ke-5 lewat aksi Saddil Ramdani. Beberapa kali peluang didapatkan, namun tidak ada tambahan gol hingga babak pertama usai. Skor 1-0 untuk tim Garuda Muda.

Osvaldo Haay dan kawan-kawan menggenjot serangan sejak awal babak kedua. Hasilnya, baru dua menit pertandingan paruh kedua berlangsung, Osvaldo Haay mampu mengubah skor menjadi 2-0. Hal ini membuat Laos semakin fokus bertahan dengan menumpuk pemain di lini belakang.

Indra Sjafri kemudian memasukkan Witan Sulaiman untuk menggantikan Egy Maulana Vikri. Indonesia pun sukses menambah dua gol lewat Bagas Adi Nugroho dan gol kedua Osvaldo Haay. Skor akhir 4-0, Timnas Indonesia U23 lolos ke semifinal.

"Alhamdulillah, malam hari ini target pertama kita yaitu lolos semifinal telah tercapai. Kita langsung persiapan untuk menghadapi laga semifinal," ujar Indra Sjafri usai pertandingan, dikutip dari laman PSSI.


"Pertandingan hari ini kami lakoni dengan sangat baik walaupun babak pertama sedikit kurang bagus dalam permainan. Mungkin karena beberapa pemain sudah bermain beberapa kali, ada dua pemain yang masih cedera,” imbuhnya.

“Tapi perlu kita syukuri dan perlu kita bersiap-siap untuk semifinal dengan interval hanya satu hari. Kita akan perlu memberikan recovery untuk bisa bermain lebih oke lagi pada 7 Desember nanti," tambah eks pelatih Bali United ini.

Pertandingan Grup B lainnya mempertemukan Vietnam vs Thailand yang berakhir dengan skor 2-2. Hasil ini membuat Thailand yang berstatus sebagai juara bertahan harus pulang lebih cepat.

Di semifinal, Indonesia selaku runner-up Grup B akan menantang Myanmar sebagai juara Grup A. Laga lainnya akan mempertemukan juara Grup B yakni Vietnam melawan peringkat kedua Grup A yakni Kamboja yang tampil mengejutkan.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight