Piala AFF U-18 2017

Indonesia vs Brunei: Timnas U19 Wajib Menang

Oleh: Agung DH - 12 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Timnas U-19 wajib memenangkan laga terakhir melawan Brunei dengan skor lebih dari enam gol untuk bisa lolos ke babak final.
tirto.id - Timnas Indonesia U19 wajib memenangkan laga terakhir melawan Brunei Darussalam dalam babak penyisihan Grup B Piala AFF U18 2017 di Myanmar untuk bisa lolos ke semifinal. Jadwal pertandingan Timnas U19 vs Brunei digelar pada Rabu, 13 September 2017 pukul 15:30 WIB.

"Kami wajib menang di laga melawan Brunei Darussalam demi lolos ke semifinal," tutur pemain Timnas U-19 Egy Maulana.

Hasil pertandingan kemarin membuat Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B Piala AFF U-18 2017, di bawah Vietnam di peringkat pertama dan Myanmar sebagai "runner up".

Indonesia dan Myanmar sama-sama mengoleksi enam poin dari tiga laga. Namun, Myanmar lebih unggul dalam selisih gol setelah berhasil mengalahkan Filipina 7-0 pada pertandingan, Senin (11/9) malam.

Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF U-18. Syaratnya, Timnas Indonesia U-19 harus bisa menaklukkan Brunei Darussalam dengan selisih skor lebih dari enam gol.

Hal ini wajib dilakukan untuk mengantisipasi hasil pertandingan antara Myanmar vs Vietnam di hari yang sama pukul mulai pukul 19.30 WIB. Myanmar punya peluang mengalahkan Vietnam. Akan tetapi, jika Vietnam menang melawan Myanmar, Indonesia hanya perlu menang dari Brunei Darussalam untuk lolos, berapapun selisih skornya.

Sementara itu, pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri mengevaluasi pertandingan kemarin menyebut anak-anak asuhnya tidak bermain maksimal saat melawan Vietnam di Grup B Piala AFF U-18 di Yangon sehingga bisa kebobolan 0-3.

"Pertandingan ini di luar dugaan saya. Pertahanan dan organisasi para pemain kurang maksimal," ujar Indra.

Dia mengakui mengubah strategi Timnas U-19 beberapa jam sebelum laga digelar. Alasannya Feby Eka Putra yang sedianya dipasang sejak awal mendadak demam. Feby mencetak hattrick di laga kedua versus Filipina

Namun, keadaan di lapangan ternyata tak sesuai rencana. Bahkan di babak kedua, Indra menggeser Egy Maulana, yang mengisi pos sayap kanan, menjadi penyerang tengah karena penyerang yang diturunkan Hanis Saghara dianggap tidak bermain baik.

"Namun ternyata anak-anak juga belum bisa membongkar pertahanan lawan. Kami akui Vietnam memang bermain lebih baik di laga ini," kata dia.

Adapun kondisi kiper Muhammad Riyandi yang cedera, pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 ini menyebut pemainnya itu masih menjalani pemeriksaan dan belum diketahui harus absen berapa lama.

Baca juga:

Klasemen Terbaru Grup B Piala AFF U-18: 11 September 2017


Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2017 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight