Indonesia Tembus 100 Juta Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama

Oleh: Ibnu Azis - 12 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 48,11 persen, sedangkan dosis kedua menjangkau 27,62 persen dari target vaksinasi nasional.
tirto.id - Total vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah tembus lebih dari 100 juta orang yang menerima dosis pertama per 10 Oktober 2021. Capaian ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Widyawati.

“Kita telah menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama kepada lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia,” katanya di Jakarta, Senin (11/10/2021), seperti dikutip dari situs resmi Kemenkes.

Capaian tersebut sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mengejar cakupan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Target sasaran vaksinasi nasional sendiri adalah sebanyak 208.265.720 orang.

Widyawati memaparkan, untuk dosis kedua sendiri telah disuntikkan ke lebih dari 57,5 juta masyarakat Indonesia. Artinya, jumlah vaksinasi telah mencapai 157.707.427 dosis.

Apabila dirinci, vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 48,11 persen, sedangkan dosis kedua menjangkau 27,62 persen dari target vaksinasi nasional.

Sementara untuk vaksinasi dosis ketiga, seperti dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, data terkini per 10 Oktober 2021, bertambah 5.197 orang yang menerima suntikkan. Secara total, vaksinasi COVID-19 dosis ketiga telah menjangkau 1.015.463 orang.

Widyawati mengatakan, capaian jumlah vaksinasi tersebut berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu.

“Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada,” imbuhnya.


Percepatan Vaksinasi


Selain membuka vaksinasi massal yang bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran. SE ini menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

“Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” kata Widyawati.

Seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari COVID-19.


Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight