Indonesia Negara Kedua Terbanyak yang Putar Musik K-Pop di Spotify

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 24 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia menjadi negara kedua yang paling banyak mendengarkan musik K-Pop di layanan streaming Spotify.
tirto.id - Layanan musik streaming asal Swedia, Spotify telah meluncurkan playlist khusus musik bergenre K-Pop, "K-Pop Daebak" pada 2014 lalu.

Spotify pada hari ini Senin (24/2/2020), mengungkapkan serangkaian data statistik dan tren yang menunjukkan bagaimana dunia telah benar-benar jatuh hati pada K-Pop.

Sejak 2014 hingga Januari 2020, pendengar (dan pencinta) K-Pop di Spotify meningkat lebih dari 1.800 persen dan playlist "K-Pop Daebak" kini telah memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut.

Sejak 2014, musik K-Pop telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify. Di aspek mana lagi K-Pop mendominasi dunia? Grup K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify, BTS, merilis album mereka MAP OF THE SOUL: 7 pada hari Jumat pekan lalu. Namun, memecahkan rekor bukanlah hal baru bagi bintang kenamaan dunia ini, dan perjalanan mereka bersama Spotify telah menandai berbagai pencapaian besar.

Menurut data yang dirilis Spotify, dalam 90 hari terakhir, Indonesia menjadi negara kedua terbanyak yang mendengarkan musik K-Pop, sementara di posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat. Selanjutnya, di posisi ke-3 ada Filipina dan disusul Jepang.

Sementara itu, pada 2019 BTS menjadi artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari 5 miliar kali di Spotify. Per Februari 2020, lagu-lagu BTS telah diputar lebih dari 8 miliar kali. Bahkan, sepanjang 2019 saja, lagu-lagu mereka telah diputar lebih dari 3 miliar kali.

Pada September 2017, BTS menjadi artis K-Pop pertama yang berhasil masuk Global 50 Chart Spotify melalui lagu “DNA.” Lagu BTS “Boy With Luv” featuring Halsey, menjadi lagu K-pop yang paling sering diputar di Spotify, yaitu lebih dari 380 juta kali.

Prestasi ini dicapai kurang dari setahun, mengingat lagu ini baru saja dirilis pada April 2019. “Tak dapat dipungkiri bahwa popularitas K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, dan kami telah menyaksikannya sendiri di Spotify,” kata Kossy Ng, Head of Artist and Label Marketing di Asia, dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (24/2/2020).

Kossy menambahkan, “K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi sangat baik dengan para pendengar musik di seluruh dunia. Para penggemar K-Pop adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif."

Pada 2015, Spotify meluncurkan sebuah genre hub yang didedikasikan untuk K-Pop. Hub K-Pop memuat banyak playlist yang mengakomodir berbagai aspek dari genre yang menarik ini, termasuk kumpulan lagu dari artis yang sedang naik daun, kolaborasi antar artis, hingga original soundtrack atau OST dari film dan drama TV Korea yang terkenal.

Para penggemar juga dapat mendengarkan MAP OF THE SOUL: 7 The Enhanced Album, yang hanya tersedia secara eksklusif di Spotify dan menampilkan konten spesial dari BTS.

10 negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop saat ini (dalam 90 hari terakhir)

- Amerika Serikat

- Indonesia

- Filipina

- Jepang

- Brasil

- Meksiko

- Thailand

- Malaysia

- Kanada

- Singapura

Artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify di seluruh dunia (dari Januari 2014 - Januari 2020):

- BTS

- BLACKPINK

- EXO

- TWICE

- Red Velvet

- BIGBANG

- SEVENTEEN

- Monsta X

- iKON

- NCT 127


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Musik)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight