Indonesia Huni Peringkat Buncit dalam Social Progress Index

Oleh: Putu Agung Nara Indra - 4 Desember 2016
Dibaca Normal 1 menit
Sistem pendidikan di Indonesia menempati peringkat terendah dalam riset Social Progress Index.
tirto.id - Indonesia harus puas menempati posisi terakhir dalam daftar peringkat sistem pendidikan “Social Progress Index” yang dikeluarkan oleh lembaga The Social Progress Imperative. Indonesia berada di posisi 40 dari 40 negara yang disurvei.

Posisi Indonesia masih berada di bawah sesama negara berkembang seperti Meksiko (39) dan Brazil (38). Sementara itu, urutan teratas daftar Social Progress Index ini didominasi oleh negara-negara di kawasan Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang.

Korea Selatan tercatat sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Mereka bersaing ketat dengan Jepang di peringkat kedua. Tercatat ada empat negara Asia Timur yang menempati peringkat 10 besar : Korea Selatan (1), Jepang (2), Singapura (3), dan Hong Kong (4).

Lima peringkat selanjutnya didominasi oleh negara negara Eropa seperti Finlandia (5), Inggris Raya (6), Belanda (8), Irlandia (9), dan Polandia (10).

Secara mengejutkan, Amerika Serikat yang digadang-gadang memiliki kualitas pendidikan yang baik justru tercecer di peringkat 14. Negara di kawasan benua Amerika yang masuk ke dalam 10 besar hanya Kanada di nomor 7.

Dalam daftar serupa yang dirilis pada 2012, peringkat pertama masih diduduki oleh Finlandia, sementara Korsel, Jepang, dan Hong Kong harus puas di peringkat 2, 3, dan 4. Namun, hanya dalam jangka waktu empat tahun, negara-negara Asia Timur ini sukses menyalip Finlandia.

Berdasarkan paparan The Social Progress Imperative, keberhasilan negara-negara ini menguasai peringkat atas diakibatkan oleh beberapa faktor : pandangan bahwa kepandaian dihasilkan dari usaha dan bukan semata faktor “keturunan”, keberhasilan merumuskan tujuan dan hasil yang diinginkan dari proses pendidikan, budaya akuntabilitas tinggi, serta pelibatan berbagai pemangku kepentingan di dalamnya.

Social Progress Imperative selama ini telah melakukan riset panjang tentang tingkat pendidikan dasar di seluruh dunia lewat Social Progress Index. Beberapa variabel yang digunakan dalam metodologi riset ini antara lain tingkat melek huruf orang dewasa, jumlah penduduk yang masuk SD serta SMP, dan rentang masa bersekolah kaum perempuan di negara tersebut.

Berikut adalah daftar 20 negara dengan peringkat tertinggi :

1. Korea Selatan.
2. Jepang
3. Singapura
4. Hong Kong
5. Finlandia
6. Inggris Raya
7. Kanada
8. Belanda
9. Irlandia
10. Polandia
11. Denmark
12. Jerman
13. Rusia
14. Amerika Serikat
15. Australia
16. Selandia Baru
17. Israel
18. Belgia
19. Republik Ceko
20. Swiss

Baca juga artikel terkait SISTEM PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Putu Agung Nara Indra
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Putu Agung Nara Indra
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra
DarkLight