Indomie hingga Kopi Kapal Api Dijual di Alibaba Saat Singles Day

Oleh: Damianus Andreas - 13 Oktober 2018
Sejumlah makanan dan minuman cepat saji buatan Indonesia akan dijual di Alibaba saat Singles Day.
tirto.id - Sebanyak lima produk dari Indonesia bakal diperdagangkan di Alibaba saat Singles Day pada 11 November 2018 mendatang. Adapun sejumlah produk yang akan dipromosikan itu ialah Kopi Kapal Api (Luwak Drip), Biskuit Richeese Nabati, Papatonk Shrimp Crackers, Indomie, dan Sarang Burung Walet Yan Ty Ty.

Menurut Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, kelima produk itu ditentukan sesuai hasil koordinasi antara dirinya dengan Kedutaan Besar RI di Beijing maupun Indonesia Chamber of Commerce (INACHAM) di Hong Kong.

“Produk-produk tersebut memang sudah tersedia dan menjadi favorit bagi para konsumen di Cina. Jadi untuk persiapannya lebih mudah,” kata Triawan saat ditemui di Hotel Laguna Nusa Dua, Bali pada Sabtu (13/10/2018).

Triawan mengakui bahwa kelima produk yang dipersiapkan memang masih berskala kecil dan terbatas pada makanan maupun minuman. Namun Triawan menilai keikutsertaan lima produk tersebut sebagai ajang pembelajaran bagi Indonesia, sembari mulai memilih produk apa saja yang akan dijual pada Singles Day 2019.

“Walaupun tidak bisa sempurna, tapi kita bisa melakukan sesuatu untuk belajar. Ke depannya kita akan bekerjasama dengan Kadin untuk memilih produk-produk yang lebih bagus lagi, bisa saja produk industrial,” ungkap Triawan.

Lebih lanjut, masing-masing produk tersebut harus memiliki kesiapan stok sebanyak 1 juta buah. Untuk sisi kesediannya pun harus terus dipantau mengingat bukan tidak mungkin ada lonjakan permintaan saat Singles Day berlangsung. Triawan pun lantas mengatakan kelima produk itu juga harus tercatat lebih dulu dalam sebuah platform milik Alibaba, yakni Tmall.

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah kesiapan barang untuk dapat langsung dikirim tak lama setelah pemesanan dilakukan. “Ada 10 juta produk pada saat Singles Day itu. Jadi memang kompetitif sekali, kita harus benar-benar mempersiapkan dari segi produknya, dari segi logistiknya, persiapannya, dan promosinya,” ujar Triawan.


Baca juga artikel terkait ALIBABA atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Agung DH
DarkLight