Indihome Gangguan Hari Ini, Telkom: Layanan Sudah Normal Kembali

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 17 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Gangguan Indihome terjadi di area Jakarta dan sekitarnya, PT Telkom mengklaim layanan internet sudah kembali normal sejak pukul 09.00.
tirto.id - Layanan internet dan komunikasi Indihome mengalami gangguan hari ini sejak pukul 07.00 di beberapa wilayah. Namun, ada juga yang mengeluhkan gangguan terjadi sejak semalam.

Menanggapi adanya keluhan tersebut, AVP External Corporate Communications PT Telkom Sabri Rasyid, menjelaskan, memang ada gangguan jaringan yang terjadi pada area Jakarta dan sekitarnya.

Gangguan tersebut terjadi karena adanya peningkatan trafik penggunaan data dan komunikasi dari Jakarta menuju Batam di jalur alternatif.

"Sehubungan dengan adanya keluhan pelanggan terhadap kendala akses internet melalui IndiHome pagi ini, khususnya area Jakarta dan sekitarnya, bersama ini kami sampaikan bahwa sempat terjadi penurunan kualitas layanan akibat meningkatnya trafik dari Jakarta menuju Batam di jalur alternatif sebagai dampak munculnya gangguan pada link utama pagi ini," jelas dia dalam keterangan resmi, Kamis (17/11/2021).

Dari gangguan data dan jaringan tersebut, ia mengklaim sudah melakukan perbaikan dan koneksi internet seharusnya sudah kembali normal sejak pukul 09.39 WIB.

Sabri menjelaskan, atas kejadian dari gangguan koneksi yang terjadi pada hari ini, pihaknya meminta maaf pada para pelanggan.

"Saat ini layanan akses internet sudah kembali normal sejak pukul 09.39 WIB. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat penurunan kualitas layanan yang sempat dirasakan pelanggan," tandas dia.

Sebelumnya, keluhan dari gangguan jaringan Indihome pernah terjadi pada akhir September 2021.

Gangguan tersebut terjadi pada seluruh layanan TelkomGroup baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel yang sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak hari Minggu lalu (19/9/2021), saat ini sudah kembali normal dan dapat diakses pelanggan seluruh Indonesia.


Baca juga artikel terkait INDIHOME GANGGUAN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight