Imbauan Kedubes Soal Aksi 22 Mei, BPN: Hal Biasa di Seluruh Dunia

Oleh: Riyan Setiawan - 19 Mei 2019
BPN menyatakan, kedutaan besar di seluruh dunia akan memeringatkan warganya saat akan ada unjuk rasa besar untuk menghindarinya.
tirto.id - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi merespons sejumlah Kedutaan Besar (Kedubes) negara yang mengimbau warganya di Jakarta menghindari unjuk rasa terkati hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019, Rabu (22/5/2019).

Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Riza Patria mengatakan, imbaun ini dinilai hal biasa.

"Ya itu [imbauan kedubes] biasa, namanya juga kedutaan. Kalau ada demo mengimbau, itu biasa," ujarnya kepada Tirto, Minggu (17/5/2019).

Politikus Partai Gerindra ini menilai, kedubes Indonesia juga menempuh hal sama saat di suatu negara ada unjuk rasa besar. Hal ini, kata dia, tak jadi soal penting.

"Jadi kalau ada suatu demo di suatu negara, biasanya warga negaranya di lokasi tersebut mengindari demo. Itu biasa di seluruh dunia, tidak ada masalah, itu hak," ujar dia.
Salah satu, kedubes yang mengimbau yakni Amerika Serikat (AS) yang bertempat di Jakarta.

Mereka menginformasikan kepada seluruh warganya yang berdomisili di sekitaran Ibu Kota, akan terjadi unjuk rasa di tempat penyelenggara pemilihan umum. Di antaranya di KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Demonstrasi juga dapat terjadi di kantor terkait pemilihan di kota-kota lain, termasuk Surabaya dan Medan," tulis Kedubes AS dalam situs resminya, Jumat (17/5/2019).



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali