Ilmuwan Rusia akan Luncurkan Vaksin Corona Pertengahan Agustus 2020

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 14 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ilmuwan Rusia akan meluncurkan Vaksin Coronavirus COVID-19 pada pertengahan Agustus 2020.
tirto.id - Para ilmuwan Rusia berencana meluncurkan vaksin Coronavirus pada pertengahan Agustus 2020 mendatang.

Kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Universitas Sechenov Rusia tersebut telah menjadi pemberitaan utama, ketika para ilmuwan Rusia menggembar-gemborkannya sebagai salah satu vaksin Coronavirus pertama di dunia, demikian seperti dikutip Times of India.

Para peneliti mengklaim bahwa Rusia mungkin menjadi salah satu negara pertama di dunia yang mengembangkan vaksin Coronavirus karena telah menyelesaikan tesnya pada sukarelawan, bahkan ketika kasus-kasus baru Coronavirus terus meningkat di seluruh dunia.

Forbes mewartakan, uji klinis vaksin COVID-19 dimulai pada pertengahan Juni di mana kelompok pertama terdiri dari 18 sukarelawan dan kelompok kedua dari 23 sukarelawan yang disuntik dengan dosis pertama dari kandidat vaksin di Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamalei.

Semua sukarelawan yang berusia antara 18 hingga 65 tahun telah menghabiskan waktu selama 28 hari dalam isolasi untuk mencegah mereka tertular infeksi lain. Mereka juga akan dipantau selama 6 bulan ke depan.

Elena Smolyarchuk yang merupakan kepala peneliti di Universitas Sechenov menyebutkan, beberapa sukarelawan penelitian telah mengembangkan efek samping kecil dari kandidat vaksin termasuk sakit kepala dan demam. Tetapi, gejalanya akan mereda dalam waktu 24 jam.

Kelompok relawan pertama menyatakan siap untuk diberhentikan pada hari Rabu (15/7/2020) dan lot berikutnya pada tanggal 20 Juli.

“Keamanan vaksin sudah dikonfirmasi. Ini sesuai dengan keamanan vaksin yang saat ini ada di pasaran,” kata Direktur Institut Parasitologi Medis, Penyakit Tropis dan Ditanggung Vektor di Universitas Sechenov, Alexander Lukashev.

Kandidat vaksin Rusia, lanjut Alexander, juga telah mengumpulkan saksi mata dengan pernyataan bahwa para peneliti dari lembaga Gamaleya termasuk direktur, telah memberikan vaksin terlebih dahulu sebelum memulai uji klinis.

Menurut sebuah laporan, para ilmuwan Rusia berharap untuk meluncurkan vaksin virus korona pertama di dunia pada pertengahan Agustus karena Alexander, yang merupakan direktur pusat Gamalei, berharap bahwa kandidat vaksin akan 'memasuki sirkulasi sipil' pada 12-14 Agustus.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa produksi massal yang sama oleh pembuat obat dapat dimulai pada September 2020.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih mencantumkan kandidat vaksin Rusia dalam fase 1 uji klinis dan agar setiap vaksin disetujui untuk produksi skala besar, perlu menjalani tiga fase uji coba manusia (setelah uji pra-klinis).


Baca juga artikel terkait UJI KLINIS VAKSIN CORONA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight