Iker Casillas Siap Pensiun di Porto pada Usia 40 Tahun

Oleh: Beni Jo - 19 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Iker Casillas ingin mengakhiri karier sepakbolanya di FC Porto saat usianya sudah 40 tahun atau sekitar dua tahun lagi.
tirto.id - Iker Casillas mengungkapkan pada Selasa (19/3/2019) bahwa dirinya ingin mengakhiri karier sepakbolanya bersama FC Porto. Selain itu, dia menyatakan bahwa akan memperpanjang kontraknya hingga usia 40 tahun.

"Minggu ini saya akan memperbarui kontrak bersama FC Porto hingga usia saya mencapai 40 tahun. Saya berusia 38 sekarang, jadi saya mungkin akan menyelesaikan karir saya di Porto," ungkap Casillas kepada El Dia Despues dikutip Marca (19/3).

Menurut eks penjaga gawang utama Real Madrid itu, sosok yang selama ini membantunya berkarier di Portugal adalah sang presiden klub FC Porto, yaitu Jorge Nuno Pinto da Costa.

"Pinto da Costa telah memperlakukan saya dengan banyak kasih sayang sejak saya tiba di Portugal," lanjut mantan kiper timnas Spanyol itu.

Bersama FC Porto musim ini, Casillas telah mencatatkan sejumlah 26 pertandingan di Liga Portugal dan delapan laga di Liga Champions. Selain itu, sejak memperkuat klub berjuluk Dragões itu pada tahun 2015 silam, dirinya sudah mengoleksi penampilan dengan jumlah 149 laga di semua ajang dengan 71 kali berhasil clean sheet alias tidak kebobolan.

Sejauh ini, kiper bernomor punggung 1 itu sudah mempersembahkan satu gelar Liga Portugal 2017/2018 dan Piala Super Portugal 2018.

Selain itu, Porto berhasil dibawanya melangkah hingga menuju babak delapan besar Liga Champions musim ini dengan mengalahkan Roma di fase 16 besar melalui skor agregat 4-3. Berikutnya, mereka akan meladeni Liverpool untuk bisa melangkah menuju semifinal.

Saat masih memperkuat Real Madrid, banyak gelar yang sudah dipersembahkan oleh Casillas untuk klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu itu. Di antaranya adalah gelar La Liga lima kali, Copa del Rey dua kali, serta tiga trofi Liga Champions musim 1999/2000, 2001/2002, dan 2013/2014.

Belum lagi bersama tim nasional Spanyol, kiper yang mempunyai sejumlah 167 caps untuk Spanyol itu meraih gelar dua kali Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.





Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA EROPA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus