IIMS 2018: Belanja Iklan Otomotif di TV Capai Rp78,7 Miliar

Oleh: Yantina Debora - 9 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
IIMS 2018 sukses berdampak pada meningkatnya iklan industri otomotif di televisi nasional.
tirto.id - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 mendongkrak belanja iklan otomotif hingga Rp78,70 miliar atau meningkat 19,52 persen dari belanja iklan pada periode IIMS 2017 yang mencapai Rp65,85 miliar.

Dilansir dari rilis Adstensity (monitoring iklan TV) yang diterima Tirto, Rabu (9/5/2018), IIMS 2018 sukses berdampak pada meningkatnya iklan industri otomotif di televisi nasional. IIMS 2018 berlangsung selama 10 hari yakni 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada IIMS 2018, Suzuki dengan brand All New Suzuki Ertiga mengeluarkan dana iklan paling tinggi dibanding dengan brand lainnya, yakni mencapai Rp33,36 miliar.

Jika dilihat dari jumlah titik iklan otomotif yang ditayangkan televisi nasional, selama periode IIMS 2018 terdapat 2.698 titik iklan atau naik 1,09 persen dari total titik iklan pada IIMS 2017 lalu yang sebanyak 2.669 titik iklan.

Wuling berada di posisi kedua untuk belanja iklan tv tertinggi saat IIMS 2018. Wuling Motors mengeluarkan dana iklan otomotif Rp17,06 miliar. Posisi ketiga diduduki Honda (Motor) dengan dana iklan televisi Rp16,51 miliar.

Selanjutnya, brand Datsun dan Hino dengan dana iklan masing-masing Rp6,09 miliar dan Rp2,02 miliar saat IIMS 2018. Berdasarkan rilis tersebut, pada periode ini semua brand otomotif mengalami peningkatan belanja iklan televisi kecuali Datsun, Hino, Mitsubishi, Chevrolet dan Honda (Mobil).

Brand yang masih tetap beriklan di televisi pada acara IIMS 2017 dan berlanjut pada IIMS 2018 ada 6 brand, yakni Chevrolet, Honda (mobil), Honda (motor), Suzuki (mobil), Suzuki (motor) dan Yamaha (motor).

Sedangkan, brand yang saat IIMS 2017 beriklan, namun tidak beriklan di tv pada IIMS 2018 adalah Daihatsu dan Toyota.

Pendapatan Media dari Iklan Otomotif

Pendapatan media dari industri otomotif pada bulan April 2018 yang paling tinggi diperoleh stasiun televisi RCTI. Pada bulan April 2018, RCTI mengumpulkan total pendapatan belanja iklan dari sektor otomotif sebesar Rp25,42 miliar, turun 11,79 persen dari bulan April 2017.

Sedangkan di peringkat kedua ANTV memperoleh pendapatan sebesar Rp18,69 miliar, naik hampir satu setengah kali lipat dibandingkan dengan pendapatan pada April 2017.

Sedangkan untuk peringkat ke-3 dan ke-4 ditempati oleh stasiun televisi SCTV dan Trans 7 yang masing-masing memperoleh pendapatan dari iklan mobil-motor mencapai Rp14,72 miliar dan Rp13,24 miliar, turun lebih dari 40 persen dibandingkan April 2017. Trans TV berada di tempat ke-5 dengan pendapatan mencapai Rp12,40 miliar, turun 49,91 persen dari bulan April 2017.


Baca juga artikel terkait IIMS 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora