IHSG Hari Ini 19 Oktober

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas Seiring Pengumuman Hasil RDG BI

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 19 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi menguat terbatas seiring dengan pengumuman hasil RDG Bank Indonesia.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Selasa (19/10/2021) pagi pukul 09.00 WIB di zona hijau pada angka 6.665. IHSG diprediksi menguat terbatas seiring pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada Selasa ini.

Posisi tertinggi IHSG pagi ini berada di level 6.676 dan terendah ada di level 6.657. IHSG sudah diperdagangkan dengan volume 277 juta lembar dan nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp150 miliar untuk 13.973 kali transaksi.

Kemudian pagi ini setidaknya ada 162 saham yang bergerak menguat dan 47 saham melemah sementara 211 sisanya ada di posisi stagnan.

"Secara sentimen, pergerakan IHSG hari ini kembali mencoba menguat terbatas di tengah mulai rilisnya kinerja pendapatan dan pengumuman keputusan suku bunga Bank Indonesia. Secara konsensus, suku bunga diperkirakan tetap di level 3,5 persen," kata Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi dalam kajiannya di Jakarta, Selasa, sebagaimana diberitakan Antara.

Penguatan IHSG pagi ini juga sesuai dengan prediksi Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher Jordan. Ia mengatakan secara teknikal trend bullish masih cukup kuat, Candlestick membentuk higher high dan higher low menguji resistance all-time high.

"Rentang penguatan cukup terbatas jelang libur di tengah pekan. Investor juga akan cenderung wait and see menanti keputusan suku bunga 7 Days Repo Rate dari Bank Indonesia," kata dia dalam analisis harian dikutip Tirto.id, Selasa (19/10/2021).

Penguatan IHSG pagi ini berbeda dengan bursa global yang ditutup Bercampur. Dow Jones ditutup 35.258,61 (-0,10%), NASDAQ ditutup 15.021,80 (+0,84%), S&P 500 ditutup 4.486,48 (+0,34%).

Wall Street ditutup bervariasi setelah awal yang lemah menyusul data ekonomi yang mengecewakan dari China, S&P dan Nasdaq menguat di pagi hari dengan kenaikan saham FAANG - Facebook Inc, Apple, Amazon.com Inc, Netflix Inc, Google Alphabet Inc - serta Microsoft Corp.

Dengan hanya sebagian kecil perusahaan yang telah melaporkan hasil kuartalan sejauh ini, investor berharap untuk beberapa kabar baik di hari-hari dan minggu-minggu mendatang. Kontributor utama lainnya untuk keuntungan S&P adalah Tesla Inc menjelang laporan pendapatannya minggu ini, saham Amazon, yang menambahkan 1% dan pembuat chip Nvidia Corp, yang ditutup naik 1,6%.


Baca juga artikel terkait IHSG atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight