Iduladha 2019: Penyedia Jasa Kurban Online, BMH Hingga Tokopedia

Oleh: Yulaika Ramadhani - 8 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar penyedia jasa kurban online, mulai dari Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Shopee, hingga Tokopedia
tirto.id - Praktik kurban online tengah banyak bermunculan seiring dengan perkembangan e-commerce di Indonesia.

Kurban online ini muncul sebagai metode yang paling efektif mengatasi kendala pemerataan ibadah kurban di Indonesia. Tidak hanya dapat memangkas waktu dan biaya, kurban online juga dinyatakan dapat memeratakan distribusi daging kurban ke wilayah pedalaman hingga mancanegara.

Kurban online sendiri adalah praktik ibadah kurban yang mekanisme pembelian hingga penyaluran daging kurbannya dilakukan secara online oleh pihak yang berkurban dengan lembaga yang menyelenggarakan program tersebut.

Berikut daftar penyedia jasa kurban online:

1. Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

BMH merupakan lembaga amil zakat nasional yang bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah, wakaf dan hibah. Setiap tahun lembaga ini secara konsisten membuka program penyaluran hewan kurban ke seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 2019, program ini diberi tagline “Kurban Berkah Nusantara.”

Adapun penggalangan dana kurban BMH sebagian dilakukan secara online. Dalam Ramai-Ramai Berkurban Online Jelang Idul Adha, Bagaimana Prosesnya? yang ditulis Indira Ardanareswari menerangkan, para donatur dapat memilih jenis-jenis hewan kurban yang dikehendaki kemudian dilanjutkan dengan mentransfer sejumlah uang. Saking mudahnya, pihak yang ingin berkurban tidak perlu repot-repot turun ke pasar ternak untuk memilih dan membeli kambing atau sapi kurban.

Selain mendapatkan sertifikat dari lembaga, orang-orang yang berkurban nantinya akan dikirimi pesan singkat disertai foto hewan kurban yang akan dipotong. BMH juga menjanjikan live report berupa video pemotongan hewan kurban yang akan dibagikan dua hari setelah hewan dipotong.

2. Rumah Zakat

Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Rumah Zakat menyelenggarakan program Superqurban. Program ini merupakan optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi cadangan pangan dari protein hewani bagi masyarakat di Indonesia dan Dunia.

Superqurban menjadi salah satu produk inovasi Rumah Zakat dalam program optimalisasi pelaksanaan Ibadah Qurban dengan mengolah dan mengemas daging Qurban menjadi Kornet dan Rendang.

"Produk Superqurban mampu menjawab permasalahan pendistribusian daging Qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di Nusantara," tulisnya.


3. Shopee

Peningkatan minat dalam praktik kurban online ini didukung oleh kemunculan serangkaian layanan transaksi hewan kurban di sejumlah e-commerce yang bekerja sama dengan lembaga zakat. Sejak 2018, Shopee sebagai salah satu marketplace utama di Indonesia turut meluncurkan layanan kurban online menjelang perayaan Idul Adha.

Kurban online di Shopee merupakan cara baru membeli hewan kurban dengan sistem patungan.

“Dengan kehadiran fitur ini, umat Islam dapat memiliki akses yang lebih mudah untuk menunaikan Sunnah nya untuk berkurban di momen Idul Adha, terutama bagi mereka yang hendak berkurban sapi,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, seperti dilansir dari Selular.id.

Melalui layanan berkurban dengan sistem patungan ini, para donatur dapat memilih sendiri sapi yang disediakan tiap lembaga zakat. Satu ekor sapi bisa dibeli atas donasi dari tujuh orang yang ingin berkurban. Masing-masing dari mereka nantinya akan dikirimi sertifikat tanda bukti kurban. Tidak hanya sistem patungan, praktik kurban online ini juga berlaku untuk perseorangan.

4. Tokopedia

Sama seperti Shopee, Tokopedia juga membuka layanan kurban online malalui laman https://www.tokopedia.com/berbagi/.

Portal tersebut disediakan untuk donasi, zakat, dan kurban.

"Berbagi kebaikan melalui bantuan pemberian kurban bagi sesama yang membutuhkan melalui Tokopedia," tulis pihak Tokopedia.

Tokopedia bekerja sama dengan berbagai lembaga penyalur terpercaya yang akan memfasilitasi ibadah kurban Anda, dari menyediakan, menyembelih, hingga mendistribusikan hewan kurban ke pihak-pihak yang membutuhkan. Berkurban melalui Tokopedia menjadi lebih mudah, aman, dan terpercaya.

Semua produk kurban di program ini merupakan kurban yang disalurkan. Proses pendistribusian hewan kurban akan diserahkan sepenuhnya oleh pihak lembaga pengelola kurban yang bekerjasama dengan Tokopedia.

5. Dompet Dhuafa

Kurban online di Dompet Dhuafa dapat melalui https://kurban.dompetdhuafa.org/.

Kuban online tersebut akan disalurkan ke wilayah tertinggal dan pedalaman, daerah yang belum pernah menikmati daging hewan kurban, serta wilayah bencana/rentan konflik.

"Sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa membentang kebaikan kurban ke seluruh Indonesia dan Dunia," tulis pihak Dompet Dhuafa.

Cara melakukan korban online di dompet dhuafa:
  1. Klik Tombol Kurban Sekarang
  2. Tentukan pilihan Kurbanmu dan juga metode transfer yang digunakan.
  3. Lakukan pembayaran
  4. Setelah Pembayaran selesai Lakukan Kofirmasi Kurban.



Baca juga artikel terkait IDUL ADHA 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight